Analisa Putaran U Ganda Bermedian Dengan Lajur Antrian Pada Kondisi Terlindung (Kasus Ruas Jalan Kenjeran Kota Surabaya)

Labina, Bagastha Pudji Yurinko and Lutfi, Fa'izah Maulidya Afifah (2017) Analisa Putaran U Ganda Bermedian Dengan Lajur Antrian Pada Kondisi Terlindung (Kasus Ruas Jalan Kenjeran Kota Surabaya). Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114030005-3114030008-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
3114030005-3114030008-Non_Degree.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kondisi putaran U pada ruas Jalan Kenjeran saat ini tidak terlihat bermasalah pada jam – jam biasa, namun pada saat jam puncak terutama pagi, siang, dan sore antrian panjang akan terjadi. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu dilakukan analisa putaran U agar menjadi lebih optimal. Permasalahan, bagaimana kondisi eksisting putaran U pada tahun 2017, apakah bukaan median yang ada saat ini sudah memenuhi, dan bagaimana perbaikan serta kinerjanya sampai tahun 2022.
Kinerja putaran U Ganda Bermedian dengan Lajur Antrian pada Kondisi Terlindung untuk saat ini hingga 5 tahun yang akan datang dianalisa dengan metode regresi. Evaluasi di mulai dari pengumpulan data jumlah penduduk dan pertumbuhan jumlah kendaraan yang diperoleh dari BPS dan DISPENDUKCAPIL Kota Surabaya.
Berdasarkan hasil analisa, panjang antrian (Y) saat kondisi eksisting pada tahun 2017 untuk sisi barat lebih kecil dibandingkan dari sisi timur karena kendaraan yang berputar memang lebih sedikit. Sebagai contoh pada hari rabu pada sisi barat nilai Ymax = 0,6400m dan sisi timur nilai Ymax = 10,1929m. Bukaan median pada sisi barat 13,16m dan sisi timur 13,25m, sesuai syarat minimum bukaan median yaitu sebesar 6m untuk tipe kendaraan ringan (LV) . Panjang taper yang ada saat ini adalah 30,5m dan 27m, sesuai dengan kebutuhan panjang taper minimum yaitu 20m, sehingga memenuhi syarat. Sedangkan untuk hasil perhitungan 5 tahun kedepan (tahun 2022) didapatkan Ymax, sisi barat = 1,1820m dan Ymax, sisi timur = 71,0177m, maka perlu dilakukan perbaikan berupa penambahan panjang lajur antrian pada sisi timur sebesar 75 meter untuk meningkatkan pelayanan pada putaran U dan mendapatkan kondisi lalu lintas yang lebih baik.
========================================================================================================================
The condition of U-Turn on Kenjeran roads currently has no any problem at the ordinary time. But, in peaks hours especially morning, noon, and evening long queues will occur. To solve this problem, it needs to do U-Turn analysis to be more optimum. The problem, how the existing conditions of U-Turn in 2017, do the median openings that exist today already comply, and how the improvements with the performance until 2022.
The performance of double U-Turn with median use queue line on protected conditions at present time until 5 years later which analyzed by regression method. The evaluation started from collecting population data and growth of the number of vehicles data that was received from BPS and DISPENDUKCAPIL Surabaya.
Based on the results of analysis, that queue length (Y) when existing condition in 2017 for west side is smaller than east side because vehicles which turn around is fewer. For example on Wednesday in the west side the value of Ymax = 0,6400m dan the east side the value of Ymax = 10,1929m. The median openings in the west side is 13,16m and the east side is 13,25m, in accordance with the minimum terms i.e. 6 meters for the light vehicle type. Whereas for calculation result of 5 years later (2022) obtained Ymax, the west side= 1,1820m and Ymax, the east side=71,0177m, then it need the repair like adding queue line length up to 75m to increased serviced level on U-Turn and get the better traffic condition.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: putaran U, panjang lajur antrian, tingkat pelayanan, Ymax, metode regresi =================================================================== U-turn, queue line length, service level, Ymax, regression method
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Fa'izah Maulidya Afifah Lutfi
Date Deposited: 08 Sep 2017 07:28
Last Modified: 05 Mar 2019 07:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/43248

Actions (login required)

View Item View Item