Prioritas Pengembangan Kawasan Transit Stasiun Gubeng dengan Konsep Transit Oriented Development

Ramadhani, Virta Safitri (2017) Prioritas Pengembangan Kawasan Transit Stasiun Gubeng dengan Konsep Transit Oriented Development. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3613100025-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3613100025-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Stasiun Gubeng merupakan stasiun utama dan terbesar di Kota Surabaya maupun Jawa Timur, yang melayani perjalanan kereta jarak jauh di pulau Jawa dan kereta komuter Surabaya-Sidoarjo. Kawasan di sekitar titik transit tersebut menjadi kawasan potensial dalam hal kegiatan ekonomi, yang direncanakan menjadi kawasan kegiatan yang heterogen, khususnya untuk kegiatan perkantoran dan komersial. Kawasan di sekitar titik transit Stasiun Gubeng menjadi salah satu kawasan yang akan dikembangkan dengan konsep Transit Oriented Development (TOD). Namun, penerapan konsep TOD di kawasan transit Stasiun Gubeng masih belum dapat segera terwujud, dikarenakan pola pembangunan di sekitar kawasan transit belum terintegrasi mengarah ke bentuk kawasan dengan konsep TOD. Sehingga diperlukan prioritas dalam pelaksanaan pengembangan di kawasan transit dengan konsep TOD agar dapat terstruktur dan terintegrasi dengan baik, yang mendukung dan mempercepat realisasi pengembangan kawasan transit Stasiun Gubeng dengan konsep TOD.
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun prioritas pengembangan di kawasan transit Stasiun Gubeng dengan konsep TOD. Untuk mencapai tujuan penelitian terdapat beberapa sasaran yang perlu dicapai, yakni: 1) mengidentifikasi kriteria-kriteria konsep TOD yang sesuai dengan kawasan transit Stasiun Gubeng dengan metode analisis Delphi; 2) menganalisis kesesuaian karakteristik kawasan transit Stasiun Gubeng dengan kriteria kawasan TOD dengan metode analisis kriteria dan analisis spatial query; 3) menentukan prioritas pengembangan kawasan transit Stasiun Gubeng dengan konsep TOD dengan metode analisis AHP.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prioritas pengembangan kawasan transit Stasiun Gubeng dengan konsep TOD, adalah: 1) penggunaan lahan perdagangan dan jasa; 2) penggunaan lahan perkantoran; 3) ketersediaan jalur pejalan kaki; 4) penggunaan lahan fasilitas umum; 5) konektivitas jalur pejalan kaki; 6) ketersediaan fasilitas penyebrangan; 7) koefisien lantai bangunan (KLB); 8) dimensi jalur pejalan kaki; 9) kepadatan bangunan; 10) ketersediaan jalur sepeda; 11) penggunaan lahan perumahan; dan 12) koefisien dasar bangunan (KDB).
=============================================================================================================
Gubeng Station is the main and largest station in Surabaya and East Java which is serving long-distance trains in Java and Surabaya-Sidoarjo commuter trains. The area around transit point becomes a potential area in terms of economic activity, which is planned to be a heterogeneous activity area, especially for office and commercial activities. The area around transit point of Gubeng Station becomes one of the areas that will be developed with Transit Oriented Development (TOD) concept. However, the application of TOD concept in Gubeng Station transit area still can’t be realized, because the development around transit area has not been integrated to the area with TOD concept. Therefore, priority is needed for implementation of development in the transit area with TOD concept in order to be structured and well integrated, which supports and accelerates the realization of the development of Gubeng Station transit area with with TOD concept.
This study aims to arrange development priorities in Gubeng Station transit area with TOD concept. To achieve the research objectives there are several targets that need to be achieved, ie: 1) identifying criterias of TOD concept which correspond to Gubeng Station transit area with Delphi analysis method; 2) analyze the suitability characteristics of Gubeng Station transit area with criteria analysis and spatial query analysis methods 3) determine development priorities for Gubeng
Station transit area with TOD concept with Analytical Hirerarchy Process (AHP) analysis method.
The result of the study showed that the development priority of Gubeng Station’s transit area with TOD concept are: 1) land use of trades and services; 2) land use of office affairs; 3) availability of pedestrian paths; 4) land use of public facilities; 5) connectivity of pedestrian path; 6) availability of crossover facilities; 7) floor area ratio (KLB); 8) dimension of pedestrian path; 9) building density; 10) availability of bicycle lanes; 11) land use of residential; and 12) building cover ratio (KDB).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kawasan transit, Prioritas pengembangan, Stasiun Gubeng, Transit Oriented Development
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Virta Safitri Ramadhani
Date Deposited: 18 Aug 2017 04:06
Last Modified: 05 Mar 2019 06:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/43255

Actions (login required)

View Item View Item