Profil UMKM Berdasarkan Kematangan Manajemen Proses Bisnis (BPMM) dan Kesiapan Penggunaan Teknologi Informasi (IT Readiness)

Dewi, Fitriyana (2017) Profil UMKM Berdasarkan Kematangan Manajemen Proses Bisnis (BPMM) dan Kesiapan Penggunaan Teknologi Informasi (IT Readiness). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of ACCESS CLOSED BY AUTHOR] Text (ACCESS CLOSED BY AUTHOR)
5215201010-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of 5215201010-Surat_permohonan.pdf] Text
5215201010-Surat_permohonan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB) | Request a copy

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai bagian terbesar pelaku usaha dalam perekonomian Indonesia harus diakui memiliki andil besar dalam kontribusi pertumbuhan ekonomi serta penyerapan tenaga kerja. Sayangnya kontribusi dan peran UMKM Indonesia masih relatif rendah dibandingkan negara ASEAN dengan tingkat pembangunan yang relatif sama, terutama dalam segi produktivitas, kontribusi terhadap ekspor, kontribusi terhadap nilai tambah, serta partisipasi UMKM dalam transaksi global. Hal ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penerapan proses bisnis yang baik dalam mendukung aktivitas perusahaan, serta kurangnya dukungan penggunaan teknologi pada setiap proses bisnis perusahaan. Peran proses bisnis dan IT yang baik sebenarnya dapat mengubah UMKM untuk menjadi lebih kompetitif. Konsep business process management (BPM) yang menggabungkan proses bisnis dan IT merupakan solusi yang dapat membantu dalam mengukur dan menggambarkan kondisi UMKM secara spesifik, elemen yang terdapat pada BPM merupakan elemen-elemen yang sesuai dengan faktor internal dan eksternal pendukung eksistensi UMKM saat ini. Penggunaan BPM dapat dijadikan sebagai media dalam menggambarkan kondisi UMKM saat ini supaya dapat dilakukan analisis berlanjut mengenai kondisi UMKM dan kebijakan yang dapat diterapkan pada setiap kondisi UMKM.
Dengan demikian dilakukan penelitian mengenai penggambaran profil UMKM ke dalam kelompok tertentu dengan mempertimbangkan elemen proses bisnis serta kesiapan UMKM dalam menggunakan teknologi. Dengan menggunakan metode clustering penelitian ini menghasilkan tiga cluster yang membagi UMKM ke dalam golongan yang berbeda. Beberapa elemen penting yang paling berpengaruh terhadap kematangan manajemen proses bisnis dan kesiapan penggunaan IT pada UMKM adalah strategic view yang dimiliki oleh pemilik perusahaan (owner), variabel process organizational structure dan variabel people management yang menekankan adanya penentuan peran serta tanggung jawab dalam setiap proses bisnis, serta variabel customer orientation pada aktivitas bisnis UMKM yang artinya adalah mayoritas UMKM melakukan studi pasar terhadap proses penciptaan produk serta layanan yang dimiliki dengan tujuan untuk memberikan kepuasan serta memenuhi kebutuhan pelanggan.
==================================================================================================================================
Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) as the backbone of economic attention need to strengthen their capacities to survive the harsh business competition. The improvement effort need to consider the differing condition of MSMEs. Based on literature review, important dimensions in gaining competitive advantage are identified: Business Process Management and IT Readiness. Then, a questionnaire is developed by detailing the BPM and IT Readiness dimensions into several factors to capture the conditions of MSMEs in Indonesia. A survey on MSMEs in East Java is conducted based on the questionnaire developed. Cluster analysis is done to analyze the survey result. Finding from this study is expected to give a more comprehensive profile of MSMEs in Indonesia, which can be used to identify a more targeted capacity building and improvement effort.
By using clustering method this research produces three cluster which divide MSMEs into different class. Some of the most important elements affecting business process management maturity and IT readiness in MSMEs are the strategic view owned by the owner of the company, the variable process organizational structure and the people management variable that emphasizes the determination of the role and responsibility in every business process, and customer orientation variable on MSMEs business activity which means that the majority of MSMEs conduct market study on the process of product creation and service owned with aim to give satisfaction and fulfill customer requirement.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: MSMEs Profile, BPMM, business process management, BPM, IT Readiness, MSMEs, clustering
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.213 Management information systems. Dashboards. Enterprise resource planning.
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 59101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Fitriyana Dewi .
Date Deposited: 30 Aug 2017 04:19
Last Modified: 07 Jun 2023 11:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/43262

Actions (login required)

View Item View Item