Integrasi Rantai Pasokan Tiga Eselon (Supplier-Manufacturer-Distributor-Drop Shipper) Dengan Permissible Delay In Payment Dan Kontrak Pinalti

Ibrahim, Muhammad Faisal (2017) Integrasi Rantai Pasokan Tiga Eselon (Supplier-Manufacturer-Distributor-Drop Shipper) Dengan Permissible Delay In Payment Dan Kontrak Pinalti. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2515203203-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
2515203203-Master_Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manajemen rantai pasokan (supply chain management - SCM) harus dipertimbangkan dalam perusahaan dengan tujuan meningkatkan keberlanjutan dan daya saing. SCM dijalankan untuk mengintegrasikan perusahaan-perusahaan dalam rantai pasokan dengan cara mengkoordinasikan aliran bahan, informasi, dan keuangan. Salah satu cara perusahaan dalam meningkatkan daya saing rantai pasokan adalah dengan melakukan koordinasi. Keringanan penundaan pembayaran selama jangka waktu tertentu, yang lebih populer dengan sebutan delay in payment merupakan salah satu cara koordinasi dengan memperbolehkan pelanggan menunda pembayaran kepada vendor tanpa beban bunga selama periode tertentu. Dalam sistem rantai pasokan, pemain drop-shipping bukanlah hal yang baru di era sekarang ini. Pada model bisnis drop-shipping, supplier akan memegang persediaan dan juga akan melaksanakan layanan distribusi fisik atas nama drop-shipper. Sehingga drop-shipper hanya berfokus pada penjualan, sedangkan proses fisik tetap akan ditangani oleh supplier mereka. Umumnya drop-shipper memiliki informasi permintaan pelanggan yang lebih baik daripada distributor. Tidak jarang drop-shipper mengirimkan perkiraan permintaan yang jumlahnya lebih dari estimasi mereka. Kontribusi dalam penelitian ini akan difokuskan pada integrasi dari rantai pasokan tiga eselon, yaitu supplier, manufaktur, distributor, dan drop-shipper. Akan digunakan pertimbangan koordinasi delay in payment pada eselon 1 dan 2, juga kontrak pinalti pada eselon 3. Permasalahan pada penelitian ini akan dimodelkan dan diselesaikan kedalam beberapa skenario kasus yang dapat merepresentasikan kondisi sistem nyata rantai pasokan yang diteliti. Sehingga dapat mengidentifikasi skenario terbaik dari setiap pemain dalam rantai pasokan. Kemudian dilakukan analisa sensitivitas pada beberapa variabel yang dianggap signifikan terhadap perubahan total biaya rantai pasokan. Melalui hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan koordinasi dengan pertimbangan delay in payment berhasil mengintegrasikan beberapa pemain dalam rantai pasokan. Begitu juga pada koordinasi dengan media kontrak pinalti dapat mengkoordinasikan pemain dalam rantai pasokan sekaligus menjaga profit dari distributor dan drop-shipper.
========================================================================================================================
Supply chain management (SCM) have to be considered to improve the sustainable and competitiveness. SCM executed to integrating any companies on the supply chain in a way of coordinating the flow of goods, informations, and financial. Permissible delay in payment is one of the coordination way with allowing the costumers delay the payments to vendor in some certain periods without any interest charges. In the supply chain system, drop-shipping player already familiar in this era. In drop-shipping internet retailing, supplier will hold supplies and also carry out physical distribution service on behalf of drop-shipper. Drop-shipper will just focus on selling, in the other hand, their supplier will be responsible for physical process. Generally, drop-shipper have informations on the customer demands better than distributor. But, it is also unrare when the drop-shipper send the estimation of demands which bigger than their own estimation in order to maximize their own interest, so they hope supplies of distributor will always enough to accommodate their demands. Contributions in this research will be focused on integration of three echelons supply chain, which are supplier, manufacture, distributor, and drop-shipper. With considering delay in payment on first and second echelons, and also the contract penalty on third echelon. The problem on this research will be modeled in some kind of cases which can represent the problem of real supply chain system. Sensitivity analysis will be done on certain significant variables toward the changes of total supply chain cost. Coordination with delay in payment success to integrate supply chain. Contract penalty plan success to maintain the profit of distributor and drop-shipper.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Integrasi rantai pasokan, penundaan pembayaran (delay in payment), kontrak pinalti, drop-shipping.
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS167 Costs, Industrial
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Muhammad Faisal Ibrahim
Date Deposited: 30 Aug 2017 02:05
Last Modified: 05 Mar 2019 06:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/43317

Actions (login required)

View Item View Item