Modifikasi Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya Dengan Menggunakan Perkerasan Kaku Tipe Beton Semen Bersambung Tanpa Tulangan Pada STA 9+000 S/D 12+000 Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur

Jatmiko, Shofta Galih and Putra, Dhio Dwinofiansyah (2017) Modifikasi Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya Dengan Menggunakan Perkerasan Kaku Tipe Beton Semen Bersambung Tanpa Tulangan Pada STA 9+000 S/D 12+000 Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114030138_3114030157-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
3114030138_3114030157-Non_Degree.pdf - Published Version

Download (38MB) | Preview

Abstract

Dengan semakin banyaknya pertumbuhan penduduk, mengakibatkan meningkatnya lalu lintas yang terjadi di Kota Surabaya. Serta kemajuan pembangunan yang sangat pesat juga mengakibatkan terjadinya bangkitan maupun tarikan pada suatu daerah tertentu di Kota Surabaya. Sehingga diperlukan adanya penambahan ataupun pelebaran jalan untuk mengimbangi kepadatan penduduk yang terus menerus semakin bertambah. Salah satu contohnya adalah di Jalan Dr. Ir. H. Soekarno yang mempunyai nama lain dari Middle East Ring Road (MERR). Jalan ini sering kali mengalami kepadatan karena besarnya volume kendaraan yang ada tetapi tidak didukung oleh kapasitas jalan yang tersedia. Untuk melakukan hal yang serupa pada daerah MERR, di bangun lah Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya atau bisa disebut dengan Outer East Ring Road (OERR), agar arus lalu lintas yang terjadi di daerah sekitar dapat terdistribusikan dengan baik, sehingga tidak terjadi kemacetan di kawasan tersebut. Pada modifikasi desain jalan Lingkar Luar Timur Surabaya ini (OERR), penulis merencanakan menggunakan perkerasan kaku (rigid pavement) dengan desain umur rencana (UR) 35 tahun. Analisa ruas jalan dan simpang yang ada di sekitar OERR mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI). Dalam pengumpulan data, data yang didapat adalah data sekunder yang didapatakan dari intansi terkait. Dengan adanya Jalan Lingkar Luar Timur (OERR) ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja ruas jalan yang ada dan mengurangi penumpukan volume kendaraan sehingga dapat meminimalisir lama perjalanan dan biaya yang harus dikeluarkan oleh pengguna jalan.

Perencanaan Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya ini direncanakan dengan menggunakan perkerasan kaku tipe Beton semen Bersambung Tanpa Tulangan untuk Main Road . Metode yang diigunakan pada perencanaan jalan ini meliputi analisa kapasitas jalan menggunakan MKJI tahun 1997, perhitungan perkerasan kaku menggunkan petunjuk perencanaan tebal perkerasan kaku jalan PdT - 14 – 2003). Perhitungan perencanaan drainase menggunakan pedoman tata cara perencanaan drainase permukaan jalan SNI 03 -3424- 1994. Perhitungan rencana anggaran biaya dilakukan sesuai dengan analisa harga satuan pokok tahun 2016, pembaruan III.

Dari hasil analisa geometric yang dilakukan, hasil yang diperoleh adalah sama dengan data yang diperoleh. Perencanaan Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya pada main road menggunakan perkerasan kaku tipe Beton semen Bersambung Tanpa Tulangan, dengan mutu beton K-350 untuk lapisan perkerasan kaku, setebal 34 cm. Sambungan yang digunakan berupa Tie bar dengan diameter 19mm dan panjang 78cm untuk sambungan memanjang dan Dowel dengan diameter 38mm dengan panjang 45cm untuk sambungan meintang, tanpa ruji. Dibagi 4 m untuk tiap-tiap segmentnya. Perencanaan saluran tepi drainase berupa galian yang kemudian dipasangan dengan Box Culvert ber ukuran 100 cm x 50 cm. Dari hasil perhitungan analisa kapasitas jalan Main Road yang direncanakan adalah 6/2D dengan lebar 3,75 m per lajur dan diperoleh nilai DS < 0,75 hingga tahun 2041.
========================================================================================================================
With the increasing number of population, causing
increasing traffic that occurred in the city of Surabaya. And
the progress of rapid development also resulted in the rise
or pull of a particular area in the city of Surabaya. So that
required the addition or widening of the road to balance the
density of the population continues to grow. One example is
on Dr. Road. Ir. H. Soekarno who has another name from
Middle East Ring Road (MERR). These roads often
experience density due to the large volume of existing
vehicles but are not supported by available road capacity.
To do the same thing in the MERR area, in the wake is the
East Outer Ring Road Surabaya or can be called the Outer
East Ring Road (OERR), so that the flow of traffic that
occurred in the surrounding area can be distributed
properly, so there is no congestion in the area . In the
modification of Outer East Surabaya's outer ring design
(OERR), the authors plan to use rigid pavement with 35 year
design life plan (UR). The road and intersection analysis v
around OERR refers to the Indonesian Road Capacity
Manual 1997 (MKJI). In data collection, the data obtained
is secondary data obtained from related institutions. With
the Outer Ring Road East (OERR) is expected to improve
the performance of existing roads and reduce the buildup of
vehicle volume so as to minimize the length of travel and the
cost to be incurred by road users
East Surabaya Outer Ring Road Planning is
planned by using a rigid pavement type Concrete
Cement Continue Without Tulangan to Main Road. The
methods used in this road planning include road
capacity analysis using MKJI 1997, rigid pavement
calculations using the rigid pavement thickness
planning guidelines PdT - 14 - 2003). The calculation
of drainage planning using guideline procedures for
drainage road surface planning SNI 03 -3424- 1994.
The calculation of the budget plan is done in
accordance with the analysis of unit price of 2016,
renewal III. From the results of geometric analysis
performed, the results obtained are the same as the
data obtained. East Surabaya Outer Ring Road
Planning Surabaya on the main road using rigid
pavement type Concrete cement Concrete Without
Reinforcement, with K-350 concrete quality for rigid
pavement layer, as thick as 34 cm. The connection used
is a Tie bar with a diameter of 19mm and a length of
78cm for longitudinal connections and Dowel with a
diameter of 38mm with a length of 45cm for the
connection of the star, without a ruji. Divided 4 m for
each segment. Drainage drainage channel planning in the form of excavation which is then paired with Box
Culvert size of 100 cm x 50 cm. From the calculation
result of planned Road Road capacity analysis is 6 / 2D
with width 3,75 m per lane and obtained DS value
<0,75 until 2041.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya STA 09+000 s/d 12+000
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Dhio Dwinofiansyah Putra
Date Deposited: 08 Sep 2017 03:33
Last Modified: 05 Mar 2019 07:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/43461

Actions (login required)

View Item View Item