Penangkapan CO2 dari Flue Gas dengan Metode Absorpsi Reaktif ke dalam Larutan MDEA Berpromotor Monosodium Glutamate (MSG) menggunakan Tray COlumn

Prasetyawan, Ilham Dito and Nanda, Rika Dwi (2017) Penangkapan CO2 dari Flue Gas dengan Metode Absorpsi Reaktif ke dalam Larutan MDEA Berpromotor Monosodium Glutamate (MSG) menggunakan Tray COlumn. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2313100028_2313100099-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2313100028_2313100099-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Flue gas atau gas buangan yang dilepaskan ke atmosfer dari berbagai industri terdiri dari 80% N2, 15% CO2, dan 5% O2, serta sisanya 500 ppm SO2, 100 ppm CO, dan 50 ppm CH4. CO2 merupakan unsur yang memiliki dampak paling buruk bagi lingkungan karena menjadi penyebab utama pemanasan global akibat efek rumah kaca. Untuk itu, proses penangkapan CO2 pada flue gas sebelum dilepaskan ke udara menjadi semakin penting sehingga perlu dikembangkan teknologi yang lebih optimal dalam penyerapan gas CO2. Salah satu teknologi paling efektif dan ekonomis adalah absorbsi reaktif menggunakan larutan Methyldiethanolamine (MDEA) dengan promotor Monosodium Glutamate (MSG) di dalam tray column. Proses absorbsi gas CO2 yang dilakukan dalam tray column merupakan pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan packed column karena tray column dapat menghindari masalah distribusi liquida yang tidak merata di dalam kolom yang berdiameter besar dan mengurangi ketidakpastian dalam pembesaran skala. MSG digunakan sebagai promotor untuk MDEA karena dapat meningkatkan laju penyerapan CO2 dalam MDEA tanpa mengurangi kelebihan dari MDEA itu sendiri, serta harganya yang relatif lebih ekonomis dibandingkan garam-asam amino lainnya. Penelitian ini dilakukan dengan kondisi operasi tekanan atmosferik, variasi temperatur 30-60○C dengan konsentrasi MDEA sebesar 35% berat dan konsentrasi promotor MSG sebesar 1-5% berat. Analisa yang akan dilakukan menggunakan metode titrasi asam-basa untuk memperoleh besar gas CO2 yang terserap. Diharapkan dari penelitian ini diperoleh data CO2 loading yang dipengaruhi oleh konsentrasi promotor MSG dan temperatur operasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh bahwa penambahan MSG sebagai promotor pada proses absorpsi CO2 kedalam larutan MDEA menggunakan tray column dapat meningkatkan nilai CO2 loading, dimana hasil terbaik didapatkan pada konsentrasi promotor 5% berat dan temperatur 50○C dengan nilai CO2 loading sebesar 0.449 mol CO2/mol MDEA. Dengan penambahan konsentrasi MSG dari rentang 0-5%, CO2 loading mengalami peningkatan sebesar 81%. Sementara temperatur operasi juga berpengaruh terhadap nilai CO2 loading dimana nilai CO2 loading akan meningkat seiring dengan kenaikan temperatur hingga 50○C, dan akan menurun pada temperatur ≥ 60○C. Secara keseluruhan, CO2 loading mengalami kenaikan sebesar 212% dari nilai terendah pada keadaan konsentrasi 0% MSG dengan temperatur 30oC hingga nilai tertinggi pada keadaan konsentrasi 5% MSG dengan temperatur 50oC.
=============================================================================================
Flue gas released into atmosfer from various industry consist of 80% N2, 15% CO2, and 5% O2 and the rest is 500 ppm SO2, 100 ppm CO, and 50 ppm CH4. CO2 is an element that have the worst impact for environment because become the main issue for global warming due to greenhouse effect. Therefore, CO2 capture process from flue gas before released into air is important so developing more advance technology to absorb CO2 is needed. One of the most effective and economical technology is reactive absorption into Methyldiethanolamine (MDEA) solution promoted by Monosodium Glutamate (MSG) in tray column. CO2 gas absorption in tray column is better than packed column because tray column can avoid uneven liquid distribution inside large diameter column and reducing uncertain in enlargement scale. Application of MSG as a promotor for MDEA because it can accelerate CO2 absorption without neglecting MDEA performance and have lower cost than other amino acid salt. The experiment operation condition is done in atmospheric pressure and temperature at 30oC-60oC with 40% MDEA concentration and 1-5 % MSG concentration. Carbonate and bicarbonate content analysis is done to obtain how much is CO¬2 absorbed. This experiment intend to achieve operation condition parameter, absorption rate, and CO2 loading where the result obtained can be used to do performance characterization from tray column. From the experiment, it’s obtaned that the addition of MSG as promotor in CO2 absorption process into MDEA solution using tray column can increase CO2 loading value in the amount of 0.449 mol CO2/mol MDEA. With the addition of 0-5% MSG conscentration, CO2 loading increase to 81%. Meanwhile operation temperature effect where CO¬2 loading value increase along temperature raise up to 50oC, and will decrease at ≥60oC. Overall, CO2 loading value increase to 212% from minimum value at 0% MSG concentration at 30oC to maximum value at 5% MSG concentration at 50oC.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSK 660.284 23 Pra p-1
Uncontrolled Keywords: absorpsi, CO2 loading, Methyldiethanolamine, Monosodium Glutamate, tray column
Subjects: Q Science > QD Chemistry
T Technology > TP Chemical technology > TP255 Electrochemistry, Industrial.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Chemical Engineering > 24201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rika Dwi Nanda
Date Deposited: 20 Nov 2017 08:18
Last Modified: 06 Mar 2019 04:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/44015

Actions (login required)

View Item View Item