Pengaruh Jalur Pedestrian Terhadap Perilaku Pejalan Kaki Di Blok M Jakarta Berdasarkan Konektivitas Lokasi Transit

Ginting, Azzahra Adnina Namira (2017) Pengaruh Jalur Pedestrian Terhadap Perilaku Pejalan Kaki Di Blok M Jakarta Berdasarkan Konektivitas Lokasi Transit. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3613100040-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3613100040-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Konsep Transit Oriented Development (TOD) pada dasarnya adalah untuk mengintegrasikan jaringan jalan dengan bangunan sekitarnya dikaitkan dengan manusia sebagai penggunanya sehingga tercipta lingkungan yang walkable, aman dan nyaman. TOD didefinisikan sebagai sebuah kawasan dengan tingkat kepadatan tinggi dengan tata guna lahan campuran (mixe-used). Jakarta sebagai ibukota sekaligus kota terbesar di Indonesia masuk dalam kategori yang tidak walkable atau tidak ramah untuk kegiatan berjalan kaki.
Dalam penelitian ini lokasi transit yang diambil yaitu Kawasan Blok M karena sebagai pusat kegiatan sekunder dengan fungsi pengembangan stasiun terpadu dan titik perpindahan beberapa moda transportasi menggunakan konsep Transit Oriented Development (TOD). Blok M sebagai salah satu kawasan yang mendukung pengembangan tahan 1 (tahap awal) sistem MRT di Jakarta yang akan membelah dan menghubungkan Jakarta dari selatan ke utara Dipilihnya Blok M dikarenakan memiliki potensi dari sisi letak dan aksesibilitas yang ada, serta dengan adanya terminal yang ada dapat digabungkan dengan fungsinya, maka akan menjadi interchange antara beberapa jenis transportasi yang ada seperti transjakarta.
Untuk mencapai tujuan penelitian, dilakukan analisis untuk mengetahui karakteristik jalur pedestrian. Kemudian dilakukan analisis space syntax untuk mengetahui tingkat konektivitas di kawasan Blok M. Dari hasil analisis, dapat diketahui bahwa pengaruh jalur pedestrian terhadap pejalan kaki di Kawasan Blok M Jakarta adalah jarak dan waktu tempuh serta kenyamaan pejalan kaki menggunakan jalur pedestrian
=================================================================
The Transit Oriented Development (TOD) is typically designed to
integrate the transportation network and the surrounding build
ings with
human as the users to create the walkable, safe and comfortable
neighborhoods. TOD is defined as the high
-
density mixed
-
used area.
Jakarta as the capital city as well as the largest city in Indonesia is
categorized as the un
-
walkable or unfrien
dly towards pedestrian.
This research chooses “Blok M” transit location as the object of the
research. This is due to the fact that this location is the secondary
centered
-
activity which implements the Transit Oriented Development
(TOD) as its concept in
developing the integrated
-
station and the transit
-
post of some public transportation ‘Blok M’ is one of the areas developing
the first phase (initial phase) of MRT system which divides and connects
Jakarta starting from South to North. ‘Blok M’ is conside
red to be
potential in terms of location and access. Moreover, there is the
possibility of combining the terminal and its function, therefore, there
shall be an interchange among the transportations such as transjakarta.
In achieving the aim of the resear
ch, analysis is conducted in
figuring the characteristic of the pedestrian lane. It is followed by the
space syntax analysis in acknowledging the level of connectivity in ‘Blok
M’ area. The analysis shows that the effect of pedestrian ways on
pedestrian at
‘Blok M’ Jakarta the walking distance and time as well as
the pedestrian’s comfort in benefitting the pedestrian lane.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPW 388.411 Gin p
Uncontrolled Keywords: Pedestrian ways, Mass Rapid Transit Jakarta, Transit Oriented Development, Konektivitas, dan Space Syntax
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Azzahra Adnina Namira Ginting
Date Deposited: 29 Nov 2017 02:19
Last Modified: 06 Mar 2019 04:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/44341

Actions (login required)

View Item View Item