Pertumbuhan Dan Kandungan Lipida Dari Botryococcus braunii Dalam Media Air Laut

Sari, Adelyna Merta and Mayasari, Hesty Eka and Rachimoellah, M and Zullaikah, Siti (2013) Pertumbuhan Dan Kandungan Lipida Dari Botryococcus braunii Dalam Media Air Laut. JURNAL TEKNIK POMITS, 2 (1). pp. 1-6. ISSN 2337-3539

[thumbnail of botryococcus_braunii.pdf]
Preview
Text
botryococcus_braunii.pdf - Published Version

Download (637kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi pertumbuhan dan kandungan lipida dari Botryococcus braunii dalam media air laut. Faktor- faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan kandungan lipid Botryococcus braunii seperti intensitas cahaya, jumlah nutrisi, dan waktu panen akan dipelajari secara sistematik pada penelitian ini. Bibit Botryococcus braunii didapatkan dari Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara. Bibit alga sebanyak 200 ml ditanam pada kolam dengan media air laut sebanyak 800 ml dengan salinitas 24,8 ppt pada suhu 29-30oC dan rasio pencahayaan 12:12 (gelap:terang). Kemudian ditambahkan nutrisi Walne dengan jumlah tertentu (0 ml, 1 ml, 3 ml, dan 5 ml/L kultur) serta dikultur pada pencahayaan 5000 dan 10000 lux dengan waktu pemanenan 7 hari dan 14 hari. Setelah dipanen, kemudian kultur alga di centrifuge hingga didapatkan slurry, lalu di oven untuk menghilangkan kandungan airnya, kemudian dihaluskan untuk memperluas permukaan dan selanjutnya diekstraksi dengan 250 ml n-hexane dan selanjutnya di distilasi. Pertumbuhan Botryococcus braunii dapat diketahui dengan menggunakan UV-Vis yang nantinya dapat diketahui konsentrasinya. Untuk meningkatkan yield minyak, dilakukan ekstraksi dengan pre-treatment, yaitu dengan memasukkan alga kering dan air dengan perbandingan 1:3 ke dalam reaktor, kemudian dipanaskan dalam furnace pada suhu 175oC selama 15 menit. Untuk mengetahui komposisi minyak Botryococcus braunii, dilakukan analisa GC-MS. Pertumbuhan Botryococcus braunii terbaik dicapai saat kondisi pencahayaan 10.000 lux dengan waktu panen 7 hari dan pemberian nutrisi walne 1 ml/L kultur yaitu 0,47 gram dry alga/L kultur dengan kandungan lipida 0,28 gram/L kultur. Pre-treatment dengan air subkritis hanya menaikkan yield lipida sebesar ± 1%.

Item Type: Article
Additional Information: 572.57 Sar p
Uncontrolled Keywords: Botryococcus braunii, lipid, pre-treatment
Subjects: T Technology > TP Chemical technology > TP156 Crystallization. Extraction (Chemistry). Fermentation. Distillation. Emulsions.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Chemical Engineering
Depositing User: Siti Zullaikah
Date Deposited: 14 Dec 2017 07:02
Last Modified: 14 Dec 2017 07:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/44349

Actions (login required)

View Item View Item