Penerapan Metode Critical Chain Project Management (CCPM) Dan Critical Path Method (CPM) Pada Penjadwalan Proyek Perbaikan Kapal BC30002

Wirawan, Guna (2017) Penerapan Metode Critical Chain Project Management (CCPM) Dan Critical Path Method (CPM) Pada Penjadwalan Proyek Perbaikan Kapal BC30002. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4313100136-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4313100136-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penjadwalan proyek adalah elemen penting agar perusahaan galangan dapat mendapatkan untung yang lebih. Analisa yang paling sering digunakan adalah dengan metode Critical Path Method (CPM). Tetapi dalam kenyataan yang terjadi di lapangan, perencanaan dengan menggunakan metode CPM dan metode tradisional lainnya dinilai kurang efisien karena tidak mempertimbangkan produktivitas dari setiap pekerjaan di dalamnya dan menambahkan waktu aman yang menyebabkan durasi proyek menjadi semakin panjang. Sesuai dengan masalah diatas, dewasa ini berkembang metode baru untuk merencanakan jadwal proyek yaitu Critical Chain Project Managemen (CCPM). CCPM adalah sebuah metode perencanaan proyek yang menekankan pada sumber daya yang diperlukan dalam melakukan tugas-tugas yang ada di proyek. Metode ini ditempuh dengan cara menghilangkan multitasking, student syndrome, parkinson’s law serta memberi buffer di waktu akhir proyek. Pada tugas akhir ini dilakukan perbandingan durasi hasil penerapan metode CCPM dengan metode Critical Path Method (CPM) pada studi kasus perbaikan kapal di PT. ABC. Penjadwalan awal proyek menggunakan metode tradisional berupa gantt chart yang kemudian di-breakdown lebih detail dan lengkap dengan hubungan antar aktivitasnya ke dalam bentuk CPM, dan kemudian akan dibandingkan dengan durasi hasil dari penjadwalan CCPM yang telah menghilangkan multitasking, menghilangkan Safety time pada tiap aktivitas dan memberi buffer dalam pengerjaannya. Berdasarkan hasil analisa, bahwa durasi CCPM lebih cepat 27 dibandingkan dengan CPM dan menghemat biaya sebesar Rp.342.380.000,00.
==========================================================================================
Project scheduling is an essential element in order that the shipyard companies can make more profit. The most common used analysis is the Critical Path Method (CPM). But in reality, using CPM methods and other traditional methods is consider less efficient because it does not consider the productivity of each job in it and adds a safety times that causes the duration of the project becomes longer than it should be. According to that problem, there is another method to analyze project schedule is Critical Chain Project Management (CCPM). CCPM is a project planning method that emphasizes the resources needed to perform project tasks. This method is done by eliminating multitasking, student syndrome, parkinson's law and give buffer at the end of the project. In this final project has been done by comparing of the duration and the cost of CCPM with Critical Path Method (CPM) in project repair BC30002 ship at PT. A B C. Initial project scheduling uses the traditional method of gantt chart which is then breakdown in more detail and complete with the relationship between its activities into CPM form, and then it will be compared with the duration of the result of CCPM scheduling which has done by eliminated multitasking, safety time on each activity and giving Buffer in the end of the process. Based on the analysis, obtained the duration using the CCPM method is 27 days faster than CPM method and saves cost as much of Rp.342.380.000,00.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Proyek, Critical Path, Critical Chain, Buffer
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
V Naval Science > VC Naval Maintenance
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Guna Wirawan .
Date Deposited: 16 Jan 2018 04:20
Last Modified: 20 Mar 2020 10:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/44662

Actions (login required)

View Item View Item