Rachmania, Yayang Dherika and Al Haque, Eko Arisandy Yusuf (2017) Estimasi Waktu Dan Biaya Terhadap Pelaksanaan Causeway Dan Talud Proyek Dermaga 2000 DWT, Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3114030017-3114030098-Non-Degree.pdf - Published Version Download (13MB) | Preview |
Abstract
Banyuwangi merupakan salah satu kota besar di Jawa Timur. pertumbuhan ekonomi di daerah ini sangat pesat, karena bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan menuju pulau Bali melalui perjalanan darat harus melalui kota banyuwangi untuk melanjutkan perjalanan dengan transportasi air. Dengan menjadi satu-satunya rute perjalanan darat untuk menuju Bali maka terjadi peningkatan arus kendaraan yang beroperasi setiap jamnya, sehingga dibutuhkan penambahan dermaga ferry di pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Untuk akses pembangunan serta akses jalan menuju dermaga maka dibutuhkan pembangunan causeway/talud, oleh karena itu maka dibangunlah causeway/talud untuk mempermudah pembangunan dermaga serta akses transportasi dermaga untuk masa mendatang.
Dalam suatu pembangun dibutuhkan metode untuk penjadwalan, pada proyek tugas akhir ini digunakan metode penjadwalan yaitu PDM (Precedence Diagram Metode), dari metode tersebut dapat diketahui waktu pelaksanaan proyek. Untuk menghitung kebutuhan biaya dalam proyek tugas akhir ini merupakan haril perkalian AHSP (Analisa Harga Satuan Pekerjaan) dengan Volume pekerjaan itu sendiri.
Setelah dilakukan evaluasi terhadap waktu dan biaya, didapat sebuah kesimpulan bahwa proyek pelaksanaan “ESTIMASI WAKTU DAN BIAYA TERHADAP PELAKSANAAN CAUSEWAY DAN TALUD PROYEK DERMAGA 2000 DWT, PELABUHAN KETAPANG, BANYUWANGI, JAWA TIMUR” membutuhkan waktu pengerjaan selama 44 (empat puluh empat) hari dengan total biaya Rp. 6.747.009.082,- (enam milyar tujuh ratus empat puluh tujuh juta sembilan ribu delapan puluh dua rupiah).
=================================================================
Banyuwangi is one of big city at East Java. Improvement of the economics int this are is fast. for people who want to go to bali by land transportation like car or motocycle, they have to trough Banyuwangi to continues the jousney by ferry boat. Because of Banyuwangi is the only way, it causes an incrase of the vehicles flow in every hour, so it is need to add more ferry dock at Ketapang port, Banyuwangi, East Java. For the builder access and transportation acces, it need to build a causeway. So then the causeway is built before the dock project is start, causeway will be the access to dock.
Building project is need a scedhuling metode, in this fina project we use PDM (Precedence Diagram Metode ). From that metode we know the time or how long the building project will be finish. To calculate the cost, the unit price analysis multiplied by the volume of work. After the estimation to time and cost was did, we get the conclution that “CAUSEWAY AND RETAINING WALL’S IMPLEMENTATION AT 2000 DWT DOCK, KETAPANG PORT, BANYUWANGI, EAST JAVA” need 44 (fourty four) days to build with the total cost is Rp. 6.747.009.082,- (six billion and seven fourty seven milion and zero zero nine thousand and zero eighty two rupiah).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | causeway/talud, dermaga ferry, transportasi, PDM ( Precedence Diagram Metode) |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3 |
Depositing User: | Eko Arisandy Yusuf A |
Date Deposited: | 04 Oct 2017 03:45 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 07:20 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/44912 |
Actions (login required)
View Item |