Kemampuan Avicennia marina dan Avicennia alba untuk Menurunkan Konsentrasi Tembaga (Cu) di Muara Sungai Wonorejo, Surabaya

Harnani, Bintang Respati Dwi (2017) Kemampuan Avicennia marina dan Avicennia alba untuk Menurunkan Konsentrasi Tembaga (Cu) di Muara Sungai Wonorejo, Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3313100014-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3313100014-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peningkatan jumlah industri dan pertumbuhan penduduk menjadi sumber pencemar utama di wilayah muara sungai. Sungai Wonorejo merupakan satu dari tujuh sungai yang bermuara ke Pantai Timur Surabaya. Penelitian terdahulu yang dilakukan pada tahun 2009 rata-rata kandungan Cu dalam sedimen di muara Sungai Wonorejo sebesar 3,186 mg/L. Pada penelitian ini akan diukur konsentrasi Cu yang terdapat pada sedimen dan akar mangrove Avicennia marina dan Avicennia alba di muara Sungai Wonorejo. Selanjutnya akan dihitung nilai Bioconsentration Factor (BCF) dari mangrove A. marina dan A. alba yang ada di muara sungai Wonorejo. Selanjutnya membandingkan mangrove jenis A. marina dan A. alba dalam menurunkan logam berat Cu di muara Sungai Wonorejo.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode transek yang digunakan untuk menentukan titik pengambilan sampel akar mangrove A. marina, A. alba dan sedimen di muara Sungai Wonorejo. Akar mangrove dan sedimen dianalisis menggunakan Atomic Absorbtion Spectrofotometer (AAS), sebelumnya sampel akar tumbuhan dan sedimen diekstrak dengan menggunakan metode destruksi basah. Parameter pendukung yang diukur meliputi suhu menggunakan termometer, salinitas menggunakan salinometer dan pH menggunakan pH meter tanah.
Konsentrasi sedimen pada transek 1 yaitu 44,8 mg/kg. Sedangkam pada transek 2 konsentrasi sedimen yaitu 24,85. Rata-rata konsentrasi Cu yang terakumulasi dalam mangrove A. marina adalah 80,78 mg/kg. Konsentrasi rata-rata Cu yang terdapat pada mangrove A. alba yaitu 51.5 mg/kg. Nilai BCF pada A. marina adalah 0,91 - 3,01 dan A. alba adalah 1,13 – 2,89. Niai BCF yang melebihi 1 membuktikan bahwa A. marina dan A. alba merupakan spesies hiperakumulator untuk logam berat Cu.
==================================================================================================================
The increasing of industries and population growth are the main sources of contamination in the river. Wonorejo river is one of rivers in Surabaya that flow to east coast Surabaya. In 2009, the average content of Copper (Cu) in sediment at Wonorejo River estuary was about 3.186 mg/L. In this research will be measured Cu concentration from sediment and roots of Avicennia marina and Avicennia alba at Wonorejo River estuary. And then, it was calculated Bioconsentration Factor (BCF) value of A. marina and A. alba at the estuary of Wonorejo river. And then to compare mangroves of A. marina and A. alba species to reducing Cu heavy metals at the estuary of the Wonorejo river based on the BFC value.
Transect method was used to determine the sampling point of mangrove root A. marina, A. alba and sediment at estuary of Wonorejo River. Mangrove and sediment roots were analyzed using the Atomic Absorption Spectrophotometer (AAS) method, previously samples of roots and sediments were extracted using the wet destruction method. Parameters supporting in this research were measured include temperature using thermometer, salinity using salinometer and pH using pH meter for soil.
Based on the results, the average concentration of Cu in the sediment in transect 1 was 44,8 mg/kg, whereas in transect 2, the average Cu equal to 24,85 mg/kg. Cu concentration in A. marina mangrove ranged 80,78 mg/kg and at A. alba contained Cu equal to 51,5 mg/kg. The BCF value in A. marina 0,91 - 3,01 dan A. alba was 1,13 – 2,89. BCF value indicated that A. marina and A. alba were hyperacumulator species for Cu heavy metals.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: A. alba ,A. marina, Cu, Mangrove, Muara, Wonorejo
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD789 Refuse and refuse disposal
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Environment Engineering > 25201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Harnani Bintang Respati Dwi
Date Deposited: 10 Oct 2017 03:38
Last Modified: 06 Mar 2019 06:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/45031

Actions (login required)

View Item View Item