Ferianto, Aang (2017) Redesain Gearbox Rotary Parkir Menggunakan Software Berbasis Elemen Hingga. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2115105021-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Download (8MB) | Preview |
Abstract
Rotary parkir adalah sebuah alat untuk memarkir mobil secara vertikal dengan sistem berputar. Keunggulan dari alat ini adalah dapat memarkir mobil banyak dalam area sempit. Salah satu bagian yang penting adalah sistem penggerak, yang berfungsi sebagai penggerak utama sistem agar palet bisa digerakkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendesain ulang gearbox sistem penggerak dari rotary parkir yang ada agar lebih optimal.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode elemen hingga dengan menggunakan software. Optimasi space gearbox dilakukan dengan mengganti external gear existing dengan internal gear. Perubahan jenis gear mengakibatkan tumpuan berubah sehingga harus dilakukan desain ulang. Optimasi tebal roda gigi dilakukan agar lebih ringan. Semua simulasi yang dilakukan adalah simulasi pembebanan statis.
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah desain yang optimal, yaitu desain yang memiliki berat total roda gigi terendah dan jumlah tumpuan paling sedikit namun masih memenuhi syarat untuk dikatakan aman. Desain optimal yang didapat mengalami pengurangan berat total roda gigi sebesar 29.79% dan pengurangan jumlah tumpuan sebesar 75% dibandingkan dengan desain awal.
=================================================================================
Rotary parking is a machine for park the car vertically with a rotation system. The advantage of this machine is that it can park many cars in a narrow area. One of the important part is the drive system, which serves as the main driver of the system for the palette to move. The purpose of this research is to redesign the driving system gearbox from existing rotary parking to be more optimal.
The method used in this research is finite element method using software. Optimization of space gearbox is done by replacing external gear with internal gear. Changes in the type of gear cause the mounting to change so it must be redesigned. Gear thickness optimization is done to make it lighter. All simulations are static loading simulations.
The results obtained from this research are the optimal design, the design that has the lowest total gear weight and the number of mounting at least but still qualified to be said safe. The optimum design obtained decreased the total weight of the gear by 29.79% and the reduction of the mounting number by 75% compared to the initial design.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | external gear, internal gear, gearbox, simulasi solidworks |
Subjects: | Q Science Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Aang Ferianto |
Date Deposited: | 30 Nov 2017 07:10 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 06:46 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/45260 |
Actions (login required)
View Item |