Studi Kinerja AODV-PNT dengan Weight Factor Dinamis pada Lingkungan VANET

Indrayana, Kukuh (2017) Studi Kinerja AODV-PNT dengan Weight Factor Dinamis pada Lingkungan VANET. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5114201048-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
5114201048-Master_Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Vehicular Ad Hoc Network (VANET) mempunyai karakteristik yang berbeda dari jaringan ad-hoc lainnya. Karakteristik tersebut antara lain adalah tingkat kecepatan serta percepatan sebuah node, variasi jalan dan bangunan yang membatasi mobilitas, dan perbedaan lokasi geografis. Topologi VANET juga dapat berubah secara drastis. VANET membutuhkan protokol routing yang reaktif untuk menangani karakteristik tersebut.
AODV-PNT (AODV-Predicting Node Trend) adalah modifikasi dari protokol routing AODV pada Mobile Ad Hoc Network (MANET) untuk menyesuaikan diri dengan karakteristik VANET. AODV-PNT memodifikasi AODV dengan perhitungan bobot dan prediksi stabilitas node untuk pemilihan rute. Perhitungan bobot dilakukan pada faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pemilihan rute. Faktor-faktor tersebut adalah kecepatan node, percepatan, arah, serta kualitas komunikasi antar node.
Pada penelitian ini, penulis mengusulkan empat cara untuk meningkatkan performa AODV-PNT. Pertama adalah penambahan faktor jarak antara next-hop node dengan node tujuan sebagai faktor yang mempengaruhi pemilihan rute. Kedua adalah menetapkan konstanta bobot tiap-tiap faktor melalui pengujian berdasarkan variasi tingkat mobilitas dan kepadatan node. Ketiga adalah menentukan nilai ambang batas untuk perubahan nilai masing-masing faktor dalam prediksi stabilitas node, bukan untuk perubahan nilai total semua faktor seperti pada AODV-PNT. Keempat adalah membedakan pembobotan faktor arah dengan cara menentukan apakah dua buah node bergerak saling mendekat atau menjauh.
Hasil percobaan menunjukkan bahwa metode yang diusulkan menghasilkan packet delivery ratio (PDR), average delay, dan routing overhead (RO) yang lebih baik dibandingkan dengan AODV-PNT. PDR yang dihasilkan lebih tinggi 9.4% untuk skenario grid dan 5.6% untuk skenario riil. Delay yang dihasilkan lebih rendah 0.52 dan 0.08 detik. RO yang dihasilkan lebih rendah 349 dan 133 paket. Metode yang diusulkan menghasilkan PDR, delay, dan RO yang lebih baik karena memiih rute yang lebih stabil berdasarkan modifikasi-modifikasi yang telah dilakukan.

====================================================================

Vehicular Ad Hoc Network (VANET) possess different characteristics from other ad-hoc networks. Those characteristics including speed and acceleration level of node, road and building variation that limit mobility, and geographic location differences. VANET topology also may changes drastically. VANET needs a reactive routing protocol to handle those characteristics.
AODV-PNT(AODV-Predicting Node Trend) is a modification of AODV routing protocol in Mobile Ad Hoc Network (MANET) to adapt with characteristics of VANET. AODV-PNT modify AODV by calculating weight and node stability prediction for route selecting. Weight calculation performed on factors that affect in route selection. Those factors are speed of node, acceleration, direction, and communication quality between nodes.
In this research, we propose four ways to improve performances of AODV-PNT. First modification is adding distance between next-hop node and destination node as affecting factor for route selection. Second is setting constant weight for each factors through experiment based on varies node mobility and density. Third is setting threshold value for delta value of each factor in predicting node stability, not total delta value for all factor like in AODV-PNT. Fourth is differ weight of direction factor by determining whether two nodes moving closer or apart each other.
Experiment results shows that the proposed method produces better packet delivery ratio (PDR), average delay, and routing overhead (RO) than AODV-PNT. PDR value produced by the proposed method is higher, 9.4% for grid scenario and 5.6% for real scenario. Delay value is lesser, 0.52 and 0.08 second. RO generated is lesser, 349 and 133 packet. The proposed method generates better PDR, delay and RO because it selects more stable node based on modifications that have been done.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: AODV, pemilihan rute, protokol routing, VANET
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Kukuh Indrayana
Date Deposited: 04 Dec 2017 02:39
Last Modified: 06 Mar 2019 06:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/45344

Actions (login required)

View Item View Item