Analisis Numerik Tegangan Sisa dan Distorsi menggunakan Metode Elemen Hingga pada Konstruksi Inner Bottom Kapal Survey Geomarin IV dengan Variasi Urutan Pengelasan

Hartono, Alfan Bagus Win (2017) Analisis Numerik Tegangan Sisa dan Distorsi menggunakan Metode Elemen Hingga pada Konstruksi Inner Bottom Kapal Survey Geomarin IV dengan Variasi Urutan Pengelasan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4313100048-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4313100048-Undergraduate_Theses.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam industri fabrikasi kapal, pengelasan merupakan tahapan paling kritis. Jika kualitas pengelasan pada fabrikasi kapal tidak baik, maka hal tersebut akan berpengaruh pada kekuatan maupun tampilan struktur secara keseluruhan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pengelasan adalah tegangan sisa dan distorsi. Dalam penelitian ini dilakukan simulasi pengelasan pada konstruksi inner bottom Kapal Survey Geomarin IV dengan menggunakan elemen shell serta memiliki variasi terhadap urutan pengelasan. Pada penelitian ini dilakukan simulasi pengelasan konstruksi inner bottom menggunakan elemen shell yang menghasilkan suhu puncak sebesar 2490 K pada variasi 4. Sedangkan suhu puncak terendah dihasilkan oleh variasi 2 dengan suhu sebesar 2339 K. Setelah simulasi pengelasan dilakukan, maka dilanjutkan simulasi tegangan sisa dan distorsi. Berdasarkan simulasi yang telah dilakukan, tegangan sisa tarik maksimum paling kecil yang terdapat pada konstruksi inner bottom ialah 375,23 MPa, sedangkan tegangan sisa tekan maksimum paling kecil bernilai -20,18 MPa. Tegangan sisa tersebut dihasilkan dari variasi urutan pengelasan ketiga. Distorsi yang terjadi di konstruksi inner bottom untuk X=720 mm sebesar 4,2 mm dan untuk X=-720 mm, distorsi yang terjadi sebesar 4,92 mm. Distorsi tersebut dihasilkan oleh variasi urutan pengelasan ketiga. Pada daerah frame atau dekat area pengelasan, nilai distorsi mencapai titik minimumnya. Hal ini dikarenakan adanya stiffener berupa frames yang berfungsi sebagai penahan agar tidak terjadi distorsi pada daerah tersebut.
===============================================================================================================================
In the ship’s facbrication industry, the welding process is the most critical step. If the quality of welding in ship’s fabrication is not good enough, it will affect the strength and appearance of the structure as a whole. One of the factors that affect the quality of welding is residual stress and distortion. In this research, welding simulation is performed on the inner bottom construction of Geomarin IV Ship Survey using shell element and has variation to welding sequence. In this research, welding simulation of inner bottom construction using shell element yielded peak temperature of 2490 K in variation 4 at 808,7 s. While the lowest peak temperature was produced by variation 2 with temperature of 2339 K at 1243,7 s. After welding simulation was done, it was continued simulation of residual stress and distortion. Based on the simulation which has been done, the lowest maximum tensile residual stress is 375,23 MPa, while the lowest maximum compressive residual stress is -20,18 MPa. Those residual stresses are produced by variation 3 of welding sequence. The distortion which happened on inner bottom for X=720 mm is 4,2 mm, and for X=-720 mm is 4,92 mm. Those distortions are produced by variation 3 of welding sequence. At the frame area or near the welding area, the distortion value reaches its minimum point. This is because the stiffener in the form of frames, that serves as a buffer so that no distortion occurs in those area.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Elemen Hingga, Inner Bottom, Frames, Tegangan Sisa, Distorsi.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Alfan Bagus Win Hartono
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:56
Last Modified: 22 Jul 2024 03:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/45486

Actions (login required)

View Item View Item