Analisa dan Evaluasi Penggunaan Generator pada MT SUCCESS VICTORY XXXIV

Nurhadi, Hikari Qurrata'ain (2017) Analisa dan Evaluasi Penggunaan Generator pada MT SUCCESS VICTORY XXXIV. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4213101043-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4213101043-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Generator merupakan pembangkit listrik utama yang ada di dalam kapal. Generator dapat menyediakan kebutuhan listrik kepada peralatan yang membutuhkan listrik di kapal sesuai dengan kapasitasnya. Generator yang terpasang pada kapal sudah melalui tahap perhitungan yang panjang agar mendapatkan efisiensi terbaik pada kapal MT SUCCESS VICTORY XXXIV. Namun setelah pemakaian yang cukup lama sekitar 15 tahun dan terdapat faktor-faktor yang berbeda antara Negara Indonesia dengan Jepang (asal pembuatan kapal), maka kapasitas daya yang dipakai sudah tidak sama dengan pertama kali saat kapal dioperasikan.
Pada penulisan tugas akhir ini menganalisa dan mengevaluasi tentang penggunaan generator pada kapal MT SUCCESS VICTORY XXXIV. Pada penelitian ini dilakukan pengamatan pada switchboard panel didalam Engine Control Room untuk melihat penggunaan daya pada 4 kondisi pada kapal yaitu: berlayar, maneuver, bongkar muat, dan lego jangkar. Selain mengamati penggunaan daya, arus, frekuensi, dan tegangan juga dicatat outputnya. Kajian meliputi faktor pembebanan pada tiap kondisi dan cos φ pada perhitungan yang terdapat pada panel switchboard, serta pengamatan tentang penggunaan beban kontinyu dan beban terputus-putus pada tabel perhitungan daya.
Hasil yang diperoleh adalah jika dilihat dari faktor beban dan cos φ maka terdapat penurunan faktor beban dan daya yang sangat jauh berbeda pada tiap kondisi jika dibandingkan dengan desain awal. Pada kondisi berlayar faktor bebannya adalah 43% menjadi 33,2%, pada kondisi maneuver faktor bebannya adalah 69% menjadi 46,2%, pada kondisi bongkar muat faktor bebannya adalah 89,1% menjadi 42,75%, dan pada kondisi laego jangkar faktor bebannya adalah 18,6% menjadi 14,6%. Selain itu, kapasitas daya tertinggi adalah 712.8 kVA dan dibandingkan dengan kapasitas daya sekarang adalah 537.5 kVA. Ada perbedaan daya antara desain pertama dengan kondisi sekarang sebesar 175.3 kVA. Ini dikarenakan banyak faktor yang berbeda dari segi cuaca, temperature, iklim dan area laut yang berbeda di Indonesia dengan Jepang sebagai tempat pembuatan kapal MT SUCCESS VICTORY XXXIV. Selain itu, terdapat peralatan yang tidak digunakan dan perubahan bebankontinyu dan beban teputus-putus jika kapal berada di Indonesia karena faktor-faktor yang sudah disebutkan diatas.
====================================================================== The generator is the main power supply of electricity in the ship. The generator can supply each ship’s electricity consumer regarding the generator capacity and consumer requirement. Generators can provide the electrical needs of equipment requiring power on board according to their capacity. The generator which installed on the vessel has a complicated calculation phase in order to get the best efficiency on the ship MT SUCCESS VICTORY XXXIV. However, after having a long period of about 15 years and there are different factors between the State of Indonesia and Japan (the origin of shipbuilding), so the power capacity used is not the same as the first time when the ship is operated.
This thesis analyzes and evaluates the usage of the generator on the MT SUCCESS VICTORY XXXIV. In this study, observations were made on the switchboard panel inside the Engine Control Room to see the power usage in 4 conditions on the ship: sailing, maneuver, loading and unloading, and anchoring. Besides observing the usage of power., current, frequency, and voltage also recorded their outputs. The study includes load factors on each condition and cos φ on calculations which contains in the switchboard panel, also the observations on the use of continuous and intermittent loads on the power calculation table.
The results obtained are if it viewed from the load factor and cos φ, there is a different load factor reduction and power reduction. in each condition when compared with the first design the highest load factor in each condition are, 43% for sailing condition become 33,2%, 69% for maneuvering condition become 46,3%, 89,1% for loading/discharging condition become 42,75%, and 18,6% for anchoring condition became 14,6% . In addition, the highest Power capacity is 712.8 kVA and it compares with the highest power capacity in actual condition is 537.5 kVA. There is a gap in power capacity between design and actual condition that has 175.3 kVA, this is because of many different factors such as weather, temperature, climate and different sea areas in Indonesia with Japan as a shipbuilding vessel of MT SUCCESS VICTORY XXXIV. In addition, there are unused equipment and transmutation of continuous loads and intermittent loads if the ship is in Indonesia areas because of the factors that have mentioned above.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Generator, Load Factor, Cos Φ, Continuous Load, Intermittent Load
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Hikari Qurrata'ain Nurhadi
Date Deposited: 19 Jan 2018 07:52
Last Modified: 08 Mar 2019 06:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/45518

Actions (login required)

View Item View Item