Analisa Kekuatan Konstruksi Sekat Melintang Kapal Tanker dengan Metode Elemen Hingga

Ardianus, . (2017) Analisa Kekuatan Konstruksi Sekat Melintang Kapal Tanker dengan Metode Elemen Hingga. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4113100034-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
4113100034-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam proses desain kapal khususnya kapal niaga perhitungan kekuatan dan pemilihan konstruksi yang kokoh dan kuat sangat dibutuhkan. Terdapat beberapa jenis konstruksi di setiap bagian kapal. Perbedaan jenis konstruksi pada kapal mempengaruhi nilai kekuatan kapal dalam mengangkut muatan. Salah satu perbedaan jenis kosntruksi konstruksi berada pada jenis sekat yang digunakan yaitu corrugated bulkhead dan transverse bulkhead. Pemilihan jenis konstruksi sekat ini tentunya mempunyai nilai kekuatan yang berbeda.
Analisa konstruksi sekat dilakukan dengan mengkonversi corrugated bulkhead ke transverse bulkhead dengan modulus penampang dan panjang elemen yang sama. Corrugated bulkhead divariasikan pada sudut yang berbeda dan transverse bulkhead berupa penguat horizontal atau penumpu. Kemudian dilakukan pemodelan dan analisa kekuatan konstruksi menggunakan finite element software. Sehingga mendapatkan perbandingan nilai kekuatan konstruksi masing-masing sekat.
Dari hasil analisa didapatkan, corrugated bulkhead mempunyai kekuatan lebih besar serta berat konstruksi yang lebih ringan dibandingkan dengan transverse bulkhead. Tegangan terkecil berada pada corrugated bulkhead sudut 450 yaitu 76.6 N/mm2 dan tegangan terbesar pada Transverse bulkhead tanpa penumpu yaitu 145 N/mm2. Deformasi terkecil pada corrugated bulkhead existing yaitu 2.48 mm dan deformasi terbesar pada transverse bulkhead tanpa penumpu yaitu 6.64 mm. Berat konstruksi terkecil pada corrugated bulkhead existing yaitu 38.1 ton dan berat konstruksi terbesar pada transverse bulkhead dengan penumpu sebesar 49.5 ton. Konstruksi sekat yang paling murah adalah corrugated bulkhead sudut 64.360 (existing) dikarenakan mempunyai berat konstruksi terkecil dan nilai tegangan 85.4 N/mm2 yang masih memenuhi tegangan ijin.

======================================================================================

In the ship design process a strong and solid construction calculation is very required. There are different types of construction on each part of the ship. The different types of ship construction affect the strength of the ship in carrying load One of the different types of construction is on the type of bulkhead that is used which is corugated bulkhead and transverse bulkhead. Selection of this type of bulkhead construction certainly has different strengths.
The analysis of bulkhead construction is done by convert corrugated bulkhead to transverse bulkhead with similar modulus section and length of element. Corrugated bulkhead is varied at different angles and the transverse bulkhead varied at horizontal girder. Then make the modeling and analysis of the strength of construction using finite element software. So the comparison of the strength value of each construction is obtained.
From the analysis results obtained, corrugated bulkhead has greater strength and construction weight is lighter than the transverse bulkhead. The smallest stress occurs at the corrugated bulkhead at angle of 450 that is 76.6 N/mm2 and the largest stress occurs at the transverse bulkhead without horizontal girder that is 145 N/mm2. The smallest deformation occurs at the existing corrugated bulkhead that is 2.48 mm and the largest deformation occurs at transverse bulkhead without girder that is 6.64 mm. The smallest construction weight is the existing corrugated bulkhead that is 38.1 tons and the largest construction weight is the transverse bulkhead with girder that is 49.5 tons. The most inexpensive bulkhead construction is existing corrugated bulkhead at angle 64.360 due to the smallest construction weight and 85.4 N/mm2 stress value which still meets the permissible stress.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: corrugated bulkhead, transverse bulkhead, finite element software.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ardianus .
Date Deposited: 08 Jan 2018 02:25
Last Modified: 06 Mar 2019 02:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/45695

Actions (login required)

View Item View Item