Perancangan Sistem Analisis Kondisi Jantung Jarak Jauh Menggunakan Elektrokardiograf dan Fonokardiograf

Aritama, Naufal (2017) Perancangan Sistem Analisis Kondisi Jantung Jarak Jauh Menggunakan Elektrokardiograf dan Fonokardiograf. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2213100177-Undergraduate_Theses.pdf] Text
2213100177-Undergraduate_Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32MB) | Request a copy

Abstract

Elektronik biomedika merupakan salah satu bidang yang sedang berkembang dengan sangat cepat. Salah satunya pada alat-alat kesehatan seperti elektrokardiograf atau yang biasa disebut ECG dan fonokardiograf yang dikenal dengan PCG. ECG adalah alat yang berfungsi sebagai instrumentasi untuk memeriksa aktivitas kelistrikan yang dihasilkan oleh kerja jantung. Sedangkan PCG memperoleh kondisi jantung dengan mengambil sinyal suara yang dihasilkan oleh jantung. Sinyal yang dihasilkan oleh ECG disebut elektrokardiogram dan yang dihasilkan oleh PCG disebut fonokardiogram. Dengan mengombinasikan sinyal listrik ECG dan sinyal suara PCG dapat diperoleh analisa sinyal jantung yang lebih baik dalam mengklasifikasikan masalah atau gangguan pada jantung tersebut. Pengolahan analisis sinyal dari kedua instrumen tersebut bisa langsung dikirimkan dengan menambahkan sistem komunikasi menggunakan frekuensi radio untuk dapat menjangkau tempat yang belum memiliki jaringan internet. Dengan menggunakan analisa dari kedua sinyal tersebut, pada penelitian ini diperoleh parameter sinyal elektrokardiogram seperti heart rate dengan nilai rata-rata normal pada 80-100 bpm dan lebar QRS Complex, sedangkan pada fonokardiogram didapatkan lebar S1, S2, dan systole serta diastole. Pada sistem komunikasi menggunakan frekuensi radio, pada pengiriman sinyal elektrokardiogram dan fonokardiogram dengan masing-masing sebanyak 10000 data, banyak data yang diterima pada sisi penerima adalah 9839 data elektrokardiogram dan 9836 data fonokardiogram. Dapat dilihat presentase data diterima berada di 98,39% dengan waktu pengiriman kurang lebih satu setengah jam.
=============================================================================================
Electronic biomedicine is one of the fastest growing fields. One of them is on medical devices such as electrocardiograph or commonly called ECG and phonocardiograph that known as PCG. ECG is a device that serves as an instrumentation to check the electrical activity generated by the work of the heart. While PCG acquires heart conditions by taking the sound signals generated by the heart. The signals generated by ECG are called electrocardiograms and those produced by PCG are called phonocardiograms. Combining ECG electrical signals and PCG sound signals can provide better cardiac signal analysis to classify problems or disorders of the heart. Processing signal analysis of both instruments can be directly sent by adding a communication system using radio frequency to be able to reach places that do not have internet network. Using this analysis, electrocardiogram signal parameters such as heart rate with normal average at 80-100 bpm and width of QRS Complex, whereas in phonocardiogram obtained width S1, S2, and systole and diastole. In communication systems using radio frequency, on the transmission of electrocardiogram and phonocardiogram signals with 10000 data each, much of the data received on the receiving side is 9839 electrocardiogram data and 9839 phonocardiogram data. The percentage of received data was at 98,39% with approximately one and a half hour of transmitting.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 681.761 Ari p
Uncontrolled Keywords: Elektrokardiograf, Fonokardiograf, Frekuensi radio, Electrocardiograph, Phonocardiograph, Radio frequency
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RZ Other systems of medicine
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5103.2 Wireless communication systems. Two way wireless communication
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105 Data Transmission Systems
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5101 Telecommunication
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Naufal Aritama
Date Deposited: 18 Oct 2017 08:08
Last Modified: 09 Jan 2018 06:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46187

Actions (login required)

View Item View Item