Desain dan Analisa Sistem Tenaga dan Transmisi pada Mobil Angkutan Multiguna Pedesaan Bertenaga Listrik

Prasetyo, Dika Bayu (2017) Desain dan Analisa Sistem Tenaga dan Transmisi pada Mobil Angkutan Multiguna Pedesaan Bertenaga Listrik. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2113100087-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
2113100087-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Mobil multiguna pedesaan merupakan mobil yang ditujukan untuk dapat membantu kegiatan perekonomian di daerah pedesaan, misalnya mengangkut hasil pertanian, perkebunan, mengangkut orang dan masih banyak lagi. Mobil ini dilengkapi dengan box belakang yang dapat diganti-ganti untuk mendukung fungsi dari masing-masing kebutuhan masyarakat pedesaan. Desain awal dari mobil ini adalah menggunakan bahan bakar bensin, tetapi dengan adanya krisis energi pada zaman sekarang maka perlu adanya inovasi terhadap mobil multiguna pedesaan. Salah satu bentuk inovasi yang diberikan adalah dengan adanya mobil multiguna pedesaan bertenaga listrik. Kendaraan listrik mempunyai prospek kedepan yang baik, melihat kondisi bahan bakar fosil yang semakin menipis maka kendaraan listrik dapat menjadi alternatif untuk mengatasi hal tersebut. Dalam kendaraan listrik konsep awalnya adalah sama seperti kendaraan biasa, hal yang membedakan adalah sumber tenaga dari kendaraan biasa berasal dari mesin sedangkan kendaraan listrik berasal dari motor.
Pada tugas akhir ini terdapat 2 tahapan, yaitu tahap perhitungan dan tahap analisa terhadap sistem transmisi dari mobil multiguna pedesaan bertenaga listrik. Untuk tahap perhitungan yang pertama adalah menghitung besar dari gaya hambat yang terjadi pada kendaraan diantaranya drag force, rolling resistance serta gaya hambat tanjakan, selanjutnya menghitung spesifikasi dari motor dan baterai yang digunakan kendaraan serta yang terakhir adalah menghitung rasio transmisi yang digunakan. Selanjutnya adalah tahap analisa akan dilakukan analisa terhadap karakteristik traksi serta karakteristik power yang terjadi dari rancangan rasio transmisi tersebut.
Dari penelitian ini diperoleh spesifikasi motor yang sesuai adalah YASA Motor P400series 25kw dan baterai LiFePO4 115Ah. Setelah dilakukan perhitungan maka pada Mobil Angkutan Multiguna Pedesaan Bertenaga Listrik menggunakan 2 tingkat transmisi dengan rasio tingkat pertama 1,87 dan tingkat kedua 0,84. Dari rasio transmisi tersebut karakteristik traksi yang dihasilkan adalah dengan transmisi pertama kendaraan dapat melaju sampai 11 km/jam pada sudut tanjakan 30 derajat dengan gaya traksi sebesar 9775,97N, serta kecepatan maksimum dari transmisi pertama adalah 60 km/jam pada jalan mendatar dengan gaya traksi 1503,99N. Sedangkan untuk transmisi kedua dapat mencapai 100 km/jam pada jalan mendatar dengan gaya traksi 908,2N. Untuk karakteristik power yang dihasilkan kendaraan adalah berbanding lurus dengan kecepatan yang dihasilkan, apabila kecepatan maksimal maka power yang digunakan adalah power maksimal dari motor listrik.

======================================================================

The function of rural multipurpose car is to assist economic activities in rural areas, such as transporting agricultural produce, plantations, transporting people etc. This car completed by rear box that can be changed to support the function, so this car will be correct for Indonesia because it have many rural. Already rural multipurpose car designed with gasoline but now is the energy crisis so we need to innovate about it. One of innovations is rural multipurpose electric car. Electric car is the best solution of the energy crisis. The concept of electric car is the same of the ordinary car, the different of it is the source of power.
In this research there are 2 processes, that are calculation processes and analysis procces of transmission system’s rural multipurpose electric car. For the calculation procces is calculate to drag force such as drag force aerodinamica, rolling resistance, climbing drag and the then author can calculate spesifications of motor and battery, the last author calculate ratio of transmission of rural multipurpose electric car. Fot the next stage is to analysis of traction and power of ratio transmission of this car.
From the research, author can determind the best of motor can use of this car is YASA Motor P400series 25kw and the battery is LiFePO4 115Ah. After calculation process, the rural multipurpose electric car use two stage transmission with the first ratio is 1,87 and the second ratio is 0,84. The traction of first transmission of the car can be move 11 km/hr on 30 degree angle with traction force 9775,97N and the maximum velocity is 60 km/hr on the flat road with traction force 1503,99N. For the second transmission can be move up to 100 km/hr on flat road with traction force 908,2N. The characteristic power of rural multipurpose electric car is same with velocity that used, if we use maximum velocity so the power that transfered of motor is maximum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: drag force, electric motor, transmission, traction
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Dika Bayu Prasetyo
Date Deposited: 01 Feb 2018 08:10
Last Modified: 08 Mar 2019 02:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46287

Actions (login required)

View Item View Item