Studi Tingkat Pelayanan Trotoar Dan Penyeberangan Jalan Arteri Sekunder Studi Kasus Jalan Raya Darmo Dan Jalan Mayjen Sungkono

Ramadhan, Muhammad (2017) Studi Tingkat Pelayanan Trotoar Dan Penyeberangan Jalan Arteri Sekunder Studi Kasus Jalan Raya Darmo Dan Jalan Mayjen Sungkono. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3115040601-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3115040601-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

Jalur pedestrian adalah merupakan fasilitas atau sarana untuk pejalan kaki melakukan aktivitas dan untuk memberikan pelayanan kepada pejalan kaki sehingga dapat meningkatkan kelancaran, keamanan, dan kenyamanan bagi pejalan kaki. Lokasi yang menjadi obyek penelitian adalah trotoar yang terdapat pada ruas jalan Raya Darmo dan Mayjen Sungkono. Lokasi ini dijadikan sebagai pilihan karena melihat kondisi trotoar yang sudah baik dan apakah sudah sesuai dengan penggunaannya, mengingat daerah ini merupakan jalan besar yang ada di Kota Surabaya.
Penelitian ini dengan menghitung jumlah sampel yang akan dianalisis dan mengamati trotoar secara langsung sehingga dapat diketahui level of service (LOS) dari trotoar . serta menggunakan metode survey yang menggunakan respon Semantik Diferensial untuk mendapatkan penilaian subyek terkait dan aktivitas dari objek pengamatan.
Hasil penelitian dan analisa di dua lokasi pengamatan yang berbeda, maka diperoleh volume maksimum yang paling besar di jalan Raya Darmo terjadi pada segmen 4 yaitu 76 p/mnt/m, dan terdapat 15 p/mnt/m pada jalan Mayjen Sungkono. Tingkat pelayanan trotoar maupun jembatan penyeberangan orang yang di dapat dengan arus tertinggi di lokasi studi yaitu V = 3,333 p/mnt/m adalah tingkat pelayanan trotoar (Level of Service) A. Rata-rata Semantik Differensial pelayanan dan fasilitas di jalan Raya Darmo = 1,06 > 1 dan di jalan Mayjen Sungkono = 1,03 > 1 (Dikatakan baik pelayanannya dan fasilitasnya). Artinya bahwa hasil analisis menurut standard LOS sesuai dengan penilaian pengguna trotoar

========================================================================================================

Pedestrian line is facility or a means for pedestrian activities and to provide service to pedestrians so it can improve the comfort, fluency, and security for pedestrians. The location that became the object of this research is the sidewalk contained on Raya Darmo and Mayjen Sungkono Street. This location is used as an option because the sidewalk looks good conditions and it is appropriate with its use, because this area is a big road in Surabaya City.
This study counted the number of samples to be analized and observed the sidewalk directly so the Level Of Service (LOS) of the sidewalk can be known. The survey methods of thi research us Differential Semantic reponses to obtain assessments of related subjects and activities of observared objects.
The results of this research and analysis in two different observation locations, the largest maximum volume obtained on Raya Darmo street occurred in segment 4, that is 76 p/mnt/m, and 15 p/mnt/m on Mayjen Sungkono street. The level of sidewalk and pedestrian bridge services that the highest flow in the study location is V= 3,333 p/mnt/m is the level of sidewalk services (Level of Service) A. Differential Semantic average services and facilities on Raya Darmo street = 1,06 > 1 (The services and facilities are good). It means that the results of analysis according to the LOS standards are appropriate whit the assessment of sidewalk users.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Trotoar, Pedestrian, Tingkat Pealyanan Trotoar, , Level of Service (LOS), Semantkc Differensial.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Muhammad Ramadhan .
Date Deposited: 10 Oct 2017 02:28
Last Modified: 08 Mar 2019 02:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46381

Actions (login required)

View Item View Item