Perencanaan Kapasitas dan Pelayanan Gerbang Tol Karang Tengah, Tangerang

Gaudenshi, Madhyastara (2017) Perencanaan Kapasitas dan Pelayanan Gerbang Tol Karang Tengah, Tangerang. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3112100131-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3112100131-Undergraduate_Theses.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Jalan tol merupakan jalan bebas hambatan bagi kendaraan bermotor yang kepada pemakainya dikenakan kewajiban membayar tarif tol sesuai dengan tipe kendaraan dan jarak yang ditempuh. Pada suatu sistem jaringan jalan tol kelambatan atau kemacetan sering terjadi di pintu gerbang tol Studi kasus penelitian masalah ini dilakukan pada gerbang tol Karang Tengah yang merupakan salah satu pintu masuk bagi kendaraan yang akan memasuki ataupun keluar dari kota Jakarta dan Tangerang. Sering terjadi antrian yang panjang pada gerbang tol terutama pada jam-jam sibuk. Tugas akhir ini mengevaluasi antrian yang terjadi pada gerbang tol dengan tingkat kedatangan kendaraan dan tingkat pelayanan gerbang. Maksud dari penelitian ini adalah untuk melihat kapasitas dan tingkat kinerja gerbang tol Karang Tengah apakah masih memadai ditahun-tahun mendatang dalam menghadapi lonjakan arus jalan tol yang selalu meningkat.
Data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, data primer yaitu dari survei lapangan yaitu waktu pelayanan dan panjang antrian. Sementara data sekunder adalah data yang diambil dari PT. Jasa Marga sebagai pengelola jalan tol, data yang diambil adalah data volume lalu lintas, peta jalan tol. Metode forecasting juga digunakan dalam tugas akhir ini untuk mendapatkan volume lalu lintas hingga 30 tahun kedepan. Parameter yang digunakan dalam penganalisaan kapasitas gerbang tol adalah panjang antrian dan waktu antrian. Teori antrian yang digunakan adalah teori antrian First In First Out (FIFO) dan untuk struktur antrian digunakan metode Single channel Single phase pada gerbang tol ini. Sistim gardu tol yang digunakan pada tahun 2017 yaitu konvensional dan Gardu Tol Otomatis (GTO), sedangkan untuk 15-30 tahun kedepan tidak menggunakan transaksi tunai, digunakan Gardu Tol Otomatis (GTO) dan On Board Unit (OBU). Hasil dari perencanaan gerbang tol Karang tengah ini yaitu perencanaan panjang antrian yang terjadi di tiap gerbang tol sudah sesuai dengan Standart Pelayanan Minimum (SPM) menurut Peraturan Menteri PU no. 16/PRT/M/2014. Untuk jumlah gardu tahun 2027 adalah gerbang Karang Tengah Barat GTO 1 dan OBU 1, Karang Tengah Barat 2 GTO 3 dan OBU 1, Kunciran 1 gardu GTO 5 dan OBU 1,Kunciran 2 GTO 4 dan OBU 1, Tangerang 1 GTO 6 dan OBU 2, Tangerang 2 GTO dan OBU 1, Karawaci 1 GTO 1 dan OBU 1, Karawaci 2 GTO 4 dan OBU 1, Karawaci 3 GTO 5 dan OBU 1, Karawaci 4 GTO 6 dan OBU 1, Bitung 1 GTO 5 dan OBU 1, Bitung 2 GTO 5 dan OBU 1.Untuk tahun 2017 sampai tahun 2027 komposisi jumlah gardu tol masih mencukupi dengan lahan yang tersedia, namun teknologi Gardu Tol Otomatis dan On Board Unit harus ditingkatkan lagi dari yang ada pada saat ini supaya waktu pelayanan bisa lebih cepat. Waktu pelayanan Gardu Tol Otomatis (GTO) maksimal 5 detik, lalu untuk On Board Unit maksimal 1 detik lamanya transaksi. Sementara untuk perencanaan tahun 2032 dan tahun 2047 sulit direalisasikan karena lahan yang tersedia untuk jumlah gardu yang direncanakan sudah tidak bisa dibangun gerbang tol lagi. Maka untuk tahun 2032 dan tahun 2047 disarankan harus dibangun jalan tol keluar dan masuk baru atau membangun gerbang tol elevated untuk dapat merealisasikan perencanaan sampai 30 tahun kedepan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Gerbang Tol, Perencanaan Pelayanan, Kapasitas
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Madhyastara Gaudenshi
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:18
Last Modified: 17 Jul 2024 06:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46387

Actions (login required)

View Item View Item