Perencanaan Bangunan Pemecah Gelombang di Teluk Sumbreng, Kabupaten Trenggalek

Karima, Dzakia Amalia (2017) Perencanaan Bangunan Pemecah Gelombang di Teluk Sumbreng, Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3113100110-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3113100110-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Trenggalek yang beribukota di Trenggalek memiliki luas 126.140 Ha yang terbagi dalam 152 Kelurahan/Desa dan 14 Kecamatan. Yang menjadi lokasi studi untuk tugas akhir ini yaitu di Teluk Sumbreng, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek. Lokasi ini memiliki potensi perikanan berupa pantai sepanjang 96 km, ketersediaan ikan cukup melimpah. Untuk memanfaatkan potensi ini dengan maksimal, pemerintah akan membangun sebuah pelabuhan sebagai sarana bagi para nelayan. Namun, diperlukan pula sarana pendukung untuk dapat menunjang kegiatan di pelabuhan itu sendiri. Salah satunya yaitu dengan membuat bangunan pemecah gelombang yang berfungsi untuk melindungi perairan di dermaga dapat tenang dan memudahkan mobilitas nelayan.
Dalam perencanaan bangunan pemecah gelombang, hal yang perlu diperhatikan adalah data primer dan sekunder. Data sekunder tersebut antara lain data angin, data pasang surut, peta topografi dan batimetri di sekitar lokasi tinjau. Kemudian data-data tersebut dianalisa untuk mendapatkan kondisi tinggi gelombang di lokasi yang akan dibangun. Data angin dianalisis menggunakan proses hindcasting sehingga didapat tinggi gelombang signifikan di laut dalam. Data pasang surut dianalisis menggunakan Metode Admiralty dan didapatkan elevasi-elevasi untuk perencanaan bangunan. Data topografi dan batimetri diperlukan untuk mendapatkan kedalaman perairan di lokasi perencanaan. Selanjutnya direncanakan bangunan pemecah gelombang.
Setelah semua analisis dilakukan, dapat dihasilkan dimensi dan gambar desain hasil perencanaan bangunan pemecah gelombang. Dari hasil perencanaan tersebut juga diharapkan dapat menjadi solusi untuk melindungi pelabuhan yang ada di Teluk Sumbreng.
=================================================================
Trenggalek as capital regency has an area of 126.140 Ha which divided into 152 urban villages and 14 districts. In this thesis, the author took research location in Sumbreng Bay, District Munjungan, Trenggalek. This location has a good potency in fishery sector because its sea, the coastal is 96 kilometers long and tons of fish in there. To maximalize this potency, the government will build a seaport as facility for fishermen. But, it also needed some additional facilities to support activity in seaport itself. For example is build breakwater structure to break the waves so relative calm water created and improve the mobility of fishermen.
In this study, coastal defense structure design, thing that need to be mattered is secondary data in research location. Those secondary data are wind data, tidal data, soil data, topography map and bathymetry map. Then the author will analyze those data to get wave height condition at the located place. Furthermore, it will be planned the layout of breakwater.
For the result, it will be determined the dimension and design for breakwater structure. From the result of planning, also can be expected to protect the port in Sumbreng Bay.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teluk Sumbreng, Gelombang, Pemecah Gelombang, Sumbreng Bay, Waves, Breakwater
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Dzakia Amalia Karima
Date Deposited: 16 Oct 2017 07:34
Last Modified: 08 Mar 2019 02:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46672

Actions (login required)

View Item View Item