Analisis Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas (Studi Kasus Kota Ambon)

Metekohy, Juliet Gracea (2017) Analisis Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas (Studi Kasus Kota Ambon). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 31152060080-Master-Theses.pdf]
Preview
Text
31152060080-Master-Theses.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kondisi jalan di Kota Ambon yang hanya memiliki lima (5) ruas jalan menggunakan median, dari total 35 jalan yang diamati di Kota Ambon. Akan sangat mengkhawatirkan ketika pada ruas jalan dengan type 4/2UD dan tidak menggunakan median, akan memicu tingginya angka kecelakaan. Selain itu perlu diketahui faktor tertingggi yang menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas di Kota Ambon. Kemudian analisis perhitungan daerah rawan kecelakaan yang tepat perlu dilakukan untuk menentukan daerah rawan kecelakaan dengan benar.
Metode penentuan daerah blacksite dan blackspot yang digunakan adalah metode EAN untuk mengetahui letak blacksite serta metode Cumulative Summery (Cusum) untuk menentukan letak blackspot di Kota Ambon. Survey wawancara yang dilakukan untuk mengetahui variabel yang mempengaruhi kesediaan responden di lokasi blackspot untuk melindungi diri dengan cara membayar lebih awal pergantian pedal rem.
Berdasarkan perolehan data kecelakaan dari Polres Pulau Ambon dan Pulau Lease dari tahun 2010 hingga tahun 2015 diketahui faktor penyebab tertinggi kecelakaan lalu lintas di Kota Ambon adalah Faktor Perilaku Pengendara (91,95%). Kemudian hasil analisis data kecelakaan menggunakan metode pembobotan EAN & Cusum, diketahui lima letak blacksite dan titik blackspotnya di Kota Ambon, yaitu Jl. Laksdya L. Wattimena dengan titik blackspot pada STA0,00 – STA0,50; Jl. Jenderal Soedirman dengan letak blackspot di STA0,00 – STA0,50; Jl. Wolter Monginsidi dengan letak blackspot di STA2,00 – STA2,50; Kemudian Jl. Pier Tendean dengan letak blackspot terdapat pada STA2,50 – STA3,00; dan Jl. Ir. M. Putuhena, dengan letak blackspot di STA0,00 – STA0,50.
Pengujian variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap Willingness To Pay (WTP) adalah jenis kelamin, usia, kendaraan yang sering dipakai, tingkat keparahan, penghasilan, kesedian menabung.
=================================================================
The background of this research is the condition of roads in Ambon City which only has five (5) road segments using median, of total 35 roads observed in Ambon City. It would be very worrying when on road with type 4 / 2UD and not using median, will trigger high accident rate. In addition, it is necessary to note the highest factor that causes traffic accidents in Ambon City. Then the calculation analysis of precise accident prone areas needs to be done to determine the accident prone area properly.
Method of determining the blacksite and blackspot areas used is to use the EAN method to determine the location of blacksite and Cumulative Summery (Cusum) method to determine the location of blackspot in Ambon City. Survey interviews conducted to determine the variables that affect the willingness to pay of respondents in the location of blackspot to protect themselves by way of paying early turn of the brake pedal.
Based on the acquisition of accident data from Ambon Island Police and Lease Island from 2010 to 2015, it is known that the highest cause of traffic accidents in Ambon City is Drivers Behavior Factor (91.95%). Then the result of accident data analysis using weighting method EAN & Cusum, known five blacksite location and blackspot point in Ambon city, that is Jl. Laksdya L. Wattimena with blackspot point at STA0,00 - STA0,50; Jl. General Soedirman with blackspot location at STA0,00 - STA0,50; Jl. Wolter Monginsidi with blackspot location at STA2,00 - STA2,50; Then Jl. Tendean Pier with blackspot location is available at STA2,50 - STA3,00; And Jl. Ir. M. Putuhena, with blackspot location at STA0,00 - STA0,50.
Tests of variables that have significant influence on Willingness To Pay (WTP) are gender, age, frequent vehicle, severity, income, saving income.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik, Kecelakaan, Blacksite, Blackspot, Willingnes To Pay, Characteristics, Accident
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355 Traffic engineering
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Juliet Gracea Metekohy
Date Deposited: 07 Dec 2017 04:01
Last Modified: 06 Mar 2019 03:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47299

Actions (login required)

View Item View Item