Modifikasi Struktur Dan Metode Pelaksanaan Jembatan Grindulu Berbentuk Busur Baja Di Kabupaten Pacitan

Darmawan, Hendra (2017) Modifikasi Struktur Dan Metode Pelaksanaan Jembatan Grindulu Berbentuk Busur Baja Di Kabupaten Pacitan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3113041048-Undergraduated_Thesis.pdf]
Preview
Text
3113041048-Undergraduated_Thesis.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview

Abstract

Jembatan merupakan suatu struktur bangunan yang berfungsi untuk menghubungkan alur transportasi melintasi rintangan yang ada tanpa menutupinya. Rintangan bisa berupa sungai, jurang, ruas jalan tidak sebidang dan lain sebagainya, sehingga memungkinkan kendaraan, kereta api maupun pejalan kaki melintasi dengan lancar dan aman. Dalam tugas akhir ini akan direncanakan struktur jembatan menggunakan busur rangka batang baja yang melewati sungai Grindulu, Kabupaten Pacitan dengan bentang total 354 m. Dipilihnya jembatan baja dengan rangka batang busur karena lebih efisien untuk jembatan bentang panjang dengan pilar yang tidak mengganggu aliran sungai.
Peraturan pembebanan yang dipakai untuk merencanakan jembatan ini mengacu pada Standar Naisonal Indonesia (SNI) T-02-2005, T-03-2005, T-12-2004, Perencanaan Jembatan Terhadap Beban Gempa 2833-201X (Jembatan). yang merupakan pedoman peraturan untuk merencanakan sebuah jembatan. Tahap awal adalah perhitungan lantai kendaraan, gelagar memanjang dan melintang, dilanjutkan dengan analisastruktur utama dan sekunder menggunakan SAP 2000
Dari hasil perhitungan modifikasi desain struktur Jembatan Grindulu didapat profil utama busur menggunakan profil box 900.600.26.26; 900.600.20.20; 900.600.18.18; 900.600.50.50; 800.600.10.10. Profil WF 600.300.12.19; 600.200.6.16; 600.300.6.12. Dibahas juga mengenai metode pelaksanaan Jembatan Grindulu dengan system struktur rangka batang metode balanced cantilever
===================================================================================================
The bridge is a building structure that serves to connect the flow of transport across the obstacles that exist without covering it. Barriers may be rivers, ravines, non-sectional roads and so on, allowing vehicles, trains and pedestrians to pass smoothly and safely. In this final project will be planned the structure of the bridge using steel rod bows that pass through the river Grindulu, Pacitan regency with a total span of 354 m. The choice of steel bridge with the frame of the bow because it is more efficient for long-span bridges with pillars that do not disrupt the flow of the river.
The loading regulations used to plan the bridge refer to the Naisal Standard of Indonesia (SNI) T-02-2005, T-03-2005, T-12-2004, Bridge Planning to Earthquake Load 2833-201X (Bridge). Which is the regulatory guideline for planning a bridge. The initial phase is the calculation of the floor of the vehicle, the longitudinal and transverse girder, followed by the main and secondary analysts using SAP 2000
From the calculation of design modification Grindulu Bridge structure obtained main profile arc using profile box 900.600.26.26; 900.600.20.20; 900.600.18.18; 900.600.50.50; 800.600.10.10. Profile WF 600.300.12.19; 600.200.6.16; 600.300.6.12. Also discussed about the implementation method of Grindulu Bridge with a skeletal system structure of a balanced cantilever method.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Arch steel framework bridge, abutment, pillar, pile foundation
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4
Depositing User: Hendra Darmawan .
Date Deposited: 29 Dec 2017 06:37
Last Modified: 06 Mar 2019 02:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47371

Actions (login required)

View Item View Item