Desain Electric Crossover Utility Vehicle Honda untuk Pasar Indonesia Tahun 2020

Sahab, Firdan As (2017) Desain Electric Crossover Utility Vehicle Honda untuk Pasar Indonesia Tahun 2020. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3413100094-Undergraduate_Theses.pdf] Text
3413100094-Undergraduate_Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan mobil Crossover Utility Vehicle(CUV) baru ini di Indonesia mempunyai prospek yang cukup positif kedepannya, dilihat dari total penjualan mobil CUV yang sangat dominan dipasaran. Di Indonesia, dari tahun 2013 sampai dengan 2017, penjualan mobil ini semakin meningkat, selain fenomena di Indonesia, fenomena di dunia akan adanya mobil listrik tidak kalah menarik. Pada tahun 2010, penggunaan mobil mengalami perubahan besar, yaitu menggunakan mesin listrik. Beberapa perusahaan besar di bidang otomotif di dunia mengalami kesuksesan dalam penjualan mobil listrik. Melihat hal tersebut, perusahaan otomotif di dunia saling berlomba-lomba dalam memproduksi mobil listrik. Di Indonesia, mobil listrik belum dapat dipasarkan, dikarenakan beberapa hal, salah satunya adalah belum ada aturan dan regulasi mengenai mobil listrik, namun seiring dengan perkembangan teknologi, tidak menutup kemungkinan bahwa kedepanya mobil listrik akan menguasai pasar mobil di Indonesia. Berdasarkan fenomena tersebut dibuthkan desain mobil listrik untuk Indonesia yang memenuhi kebutuhan pengguna di tahun 2020 yang berbasis mobil crossover.
Tujuan dari penilitian ini adalah mendesain mobil listrik Honda yang menggambarkan mobil Indonesia untuk tahun 2020 dengan menggunakan platfrom dari Honda HR-V. Metode penilitian yang digunakan untuk menentukan target pasar adalah metode persona dan analisa MSCA, sementara untuk menentukan bentuk styling dari mobil metode yang digunakan adalah morfologi bentuk dari bentuk yang mencerminkan Indonesia, untuk mencapai hal tersebut, dilakukan pendekatan desain yang terdiri dari tiga hal yaitu pendekatan bentuk brand Honda, pendekatan tren 2020 dan pendekatan identitas yang akan ditunjukan pada mobil yang dirancang.
Hasil penelitian ini menghasilkan konsep desain mobil listrik Honda untuk pasar Indonesia pada tahun 2020. Untuk mempresentasikan hasil akhir desain, dibuat prototip desain dengan skala 1:8, dan untuk mencapai pembuatan model prototip, dibuat gambar teknik untuk menentukan dimensi dan 3D model untuk melihat bentuk visual dari mobil tersebut.
==========================================================================================
The development of Crossover Utility Vehicle (CUV) car in Indonesia has a quiet positive prospect in the future, as seen from the total sales of CUV cars which is very dominant in the market. In Indonesua, from 2013-2017, sales of these cars is increasing, beside to the phenomenon in Indonesia, the phenomenon worldwide about electric car is not less interesting. In 2010, the cars user encounter a major change, that is using electric machine. Some of the major companies in the world selling electric cars succsessful, based on this, automotive companies in the world compete in produce electric cars. In Indonesia, electric car is unable to marketed yet, due to several things, one because there is no regulation concerning electric car, but along with technological development, does not rule out the possibilities that electic cars will dominate the car market in Indonesia in the future. Based on the phenomena,it is necessary to design an electric cars for Indonesia that fulfillsthe needs of users in 2020 that based on crossover.
The purpose of the research is to design a Honda electric car which is illustrates Indonesian car in 2020 by using platfrom from Honda HR-V. The methods of research used to determine the target market are persona and analysis method from MSCA, while to determine the form of styling about the car is morphology of form method that reflect the form of Indonesia, to achieve this, the design approach consist of three component, that are Honda brand identity, Trend in 2020, and identity of Indonesia.
The result of this study is Honda’s electric car design concept for Indonesian market in 2020. To present the final design result, there is a 1:8 design prototype, and to achieve the prototype, a technical drawing is made to define the dimensions, and 3D models to view the visual form of the car.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Crossover, Electric vehicle, Honda, 2020
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > ND Painting
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Firdan As Sahab .
Date Deposited: 27 Oct 2017 03:43
Last Modified: 09 Jan 2018 07:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47446

Actions (login required)

View Item View Item