Pribawati, Rosa Dewi (2017) Studi Pemanfaatan Konversi Lahan Galangan Menjadi Terminal Pelabuhan: Studi Kasus PT Dok dan Perkapalan Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4109100030-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Peningkatan permintaan arus barang setiap tahun menuntut adanya fasilitas terminal pelabuhan untuk dapat mengakomodasi muatan dan kapal dengan benar dan efektif, sehingga dapat mengatasi kemacetan yang ada di pelabuhan. Hal ini dapat berkontribusi secara signifikan untuk mengurangi dwelling time dan biaya logistik barang. PT Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya berencana memperluas terminalnya untuk menangani pertumbuhan arus barang tiap tahun tersebut. Dikarenakan keterbatasan lahan di kawasan Tanjung Perak, maka PT Pelabuhan Tanjung Perak berencana untuk mengkonversi lahan galangan PT Dok dan Perkapalan Surabaya, yang terletak di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, menjadi terminal pelabuhan. Beberapa kemungkinan untuk mengkonversi area galangan kapal menjadi terminal pelabuhan, antara lan: Terminal Peti Kemas, Terminal Curah Kering, Terminal Curah Cair atau Terminal Ro-Ro/General Cargo. Studi ini dilakukan untuk menganalisis kemungkinan konversi terminal galangan kapal menjadi terminal pelabuhan dengan menggunakan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (Fuzzy-AHP). Sebagai kriteria yang digunakan dalam studi ini adalah kapasitas terpasang, proyeksi profitabilitas, dan dampak lingkungan. Berdasarkan analisis studi, didapatkan bahwa indeks prioritas kebutuhan kapasitas pelabuhan adalah 0,435, proyeksi profitabilitas adalah 0,434 dan dampak lingkungan adalah 0,131. Responden dalam studi ini adalah berbagai pemangku kegiatan pelabuhan seperti operator pelabuhan, perusahaan pelayaran, perusahaan pengirim barang, dll. Hasil kuesioner AHP diverifikasi dengan data historis Pelabuhan Tanjung Perak. Studi ini menunjukkan bahwa prioritas konversi area galangan kapal menjadi Terminal Petikemas sebagai prioritas utama.
==================================================================
The annual increase of the demand of cargo flow requests the facilities of a port’s terminal to handle cargo and ship properly and effectively, so that it should be no significant congestion at port terminal. It can contribute significantly to reduce the dwelling time and the logistic cost of the cargoes. PT Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya has a plan to expand his terminal to accommodate the annual growth of the cargoes flow. The land availability for terminal expansion in Tanjung Perak’s area is very limited. Therefore PT Pelabuhan Tanjung Perak has a plan to converse the area of the ship yard of PT Dok dan Perkapalan Surabaya, where is located in the port of Tanjung Perak Surabaya‘s area, to be a port terminal. There are many possibilities to converse the shipyard area to the terminal i.e. Container Terminal, Dry Bulk Terminal, Liquid Cargo Terminal or Ro-Ro/ General Cargo Terminal. This study is carried out to analyze the possibility conversions of the shipyard terminal to be a port terminal using Fuzzy Analytical Hierarchy Process (Fuzzy-AHP). As criteria in this study it were port capacity requirements, port profitability projection and environmental impact. It is found that the priority index of port capacity requirement is 0.435, port profitability projection is 0.434 and the environmental impact is 0.131. The respondents were various port activities such as port operator, shipping companies, shipper, etc. The results of the AHP questionnaires are verified with the historical data of the Port Tanjung Perak. The study has shown that the priority of the shipyard area conversion is to be a Container Terminal as the first priority.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konversi lahan galangan, pemilihan jenis terminal pelabuhan, Fuzzy AHP |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Pribawati Rosa Dewi |
Date Deposited: | 03 Jan 2018 02:22 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 02:06 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/47523 |
Actions (login required)
View Item |