Rancang Bangun Mesin Penanam Padi Dengan Dengan Sistem Ratio Putaran Roda

Utomo, Ananda Trisukmo and Amin, Achmad Khuluqul (2017) Rancang Bangun Mesin Penanam Padi Dengan Dengan Sistem Ratio Putaran Roda. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of TUGAS AHKIR.pdf]
Preview
Text
TUGAS AHKIR.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Proses penanaman Padi yang dilakukan oleh Kelomok Tani di daerah Tulungagung, Jawa Timur dilakukan secara manual, Penanaman secara manual menmbutuhkan banyak tenaga kerja, biaya yang sangat tinggi untuk memberi upah buruh tani yang dipekerjakan oleh pemilik tanah dan waktu yang bisa dibilang sangat lama untuk jumlah tenaga kerja yang terbilang banyak. Oleh karena itu dirancang alat penanam Padi untuk mereduksi proses penanaman.
Konsep desain mengadopsi metode Tanam Padi Jajar Legowo, dengan pengaturan jarak yang diaplikasikan dari perbandingan Roda Gigi sehingga menghasilkan jarak yang sama dan seragam. Mesin yang ditenagai oleh tenaga manusia ini diharapkan mampu membantu Petani mempersingkat proses penanaman dengan tanpa membebani biaya tambahan untuk Bahan Bakar.
Dari hasil perencanaan dan perhitungan dihasilkan mesin yang mampu menanam padi seluas 26,4m2/Jam dengan rantai nomer 40, ukuran sprocket 242,80mm dan Rasio tiap sprocket adalah 1:4 untuk menghasilkan hasil tanam yang seragam. Menggunakan poros sepanjang 400mm untuk penanam dan diameter 10mm dengan bahan ST37. Pada roda menggunakan Bearing dengan Bore.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSMI Uto r
Uncontrolled Keywords: Mudah; Efisien; Mesin Penanam Padi.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Utomo Ananda Trisukmo
Date Deposited: 13 Feb 2018 02:37
Last Modified: 05 Mar 2019 08:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47768

Actions (login required)

View Item View Item