Alat Penghitung Jumlah Barang Menggunakan Barcode ITF-14

Dewi, Fadila Lingga (2017) Alat Penghitung Jumlah Barang Menggunakan Barcode ITF-14. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Buku TA.pdf]
Preview
Text
Buku TA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perhitungan dan pendataan jumlah barang di pergudangan contohnya pergudangan di industri yang memiliki tingkat jumlah produksi tinggi memerlukan suatu alat untuk menghitung dan logging jumlah barang yang diproduksi secara otomatis dan berkelanjutan. Pada Tugas Akhir ini didesain suatu alat untuk menghitung dan logging jumlah barang dan menampilkan data dari kode barcode seperti nama barang, tanggal produksi, tanggal kadaluarsa, kode barang dan lain sebagainya. Alat ini memiliki fungsi untuk menghitung jumlah barang yang diproduksi dan memasukkan data tersebut, di mana pada barang terdapat barcode ITF-14 serta barang bergerak mengikuti pergerakkan dari conveyor. Barcode ITF-14 tersebut akan di scan oleh barcode scanner yang kemudian data berupa kode barcode dan jumlah barang dari barcode yang telah terscan akan ditampilkan di LCD dan komputer yang tersambung dengan kabel USB. Setiap barang yang melewati barcode scanner akan terscan, jumlah barang akan bertambah satu setiap ada barcode yang terscan. Hasil percobaan dari alat yang dibuat sebagai berikut: jarak antara barcode scanner (MCR12) dengan barcode ITF-14 yang baik adalah 15cm dan 20cm dikarenakan jumlah barcode yang terscan dalam 10-30 detik paling banyak di banding jarak 5cm, 10cm dan 25cm. Yaitu untuk jarak 20cm dalam waktu 10 detik dapat menscan barcode sebanyak 10 kali, untuk waktu 20 detik dengan jarak 20cm barcode yang dapat terscan sebanyak 20 kali, untuk waktu 30 detik dengan jarak 20cm banyak barcode yang dapat terscan berjumlah 30 kali. Sedangkan untuk jarak yang paling sedikit dalam menscan barcode adalah jarak 25cm (7 kali). Pengaturan jarak antara barcode scanner dan barcode menentukan kecepatan barcode scanner dalam menscan dan conveyor barang atau produk.

=========================================================

Counting and Logging the quantities and data of goods in warehouse, for example industry warehouse with high production levels, require a tool to scan the products automatically and continuously. In this Final Project, it is designedd a tool to counting and logging of products and displaying the data of barcode like name of product, date of production, expired date, code of product and so on. This tool has a function to count product and to entry the data (logging), where the goods stamped with ITF-14 barcode in which the goods move based on a conveyor movement. Barcode ITF-14 is scanned by barcode scanner, and then the data of each barcode products and the number of scanned products are displayed on the LCD and computer via USB cable. The number of products is increased by one as every barcode is scanned. Experimental result from this Final Project as follows: the distance between the barcode scanner (MCR12) and the ITF-14 barcode which good are 15cm and 20cm because the number of scan barcode in 10 until 30 seconds is best compared to the distance 5cm, 10cm and 25cm. Morever, the distance of 20cm in 10 seconds can scan barcode for 10 times, for 20 seconds with a distance of 20cm barcode it can scan 20 times, for 30 seconds with a distance of 20cm it can scan 30 times. The distance of 25cm has the least of number which is 7 times. The distance setting between barcode scanner and barcode determines the speed of scanning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Logging, Barcode Scanner, Barcode, Conveyor
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105 Data Transmission Systems
Divisions: Faculty of Vocational > 36304-Automation Electronic Engineering
Depositing User: Dewi Fadila Lingga
Date Deposited: 12 Jan 2018 02:29
Last Modified: 05 Mar 2019 06:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48217

Actions (login required)

View Item View Item