Perhitungan Ulang Sistem Pengereman Mobil Nogogeni 3 Evo Untuk Shell Eco Marathon Asia 2017

Hafidh Aldiza, Arifin (2017) Perhitungan Ulang Sistem Pengereman Mobil Nogogeni 3 Evo Untuk Shell Eco Marathon Asia 2017. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2114030052_Non Degree.pdf]
Preview
Text
2114030052_Non Degree.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan negara industri dapat maju pesat karena
dipengaruhi oleh adanya hasil teknologi yang tinggi dimana
komponen-komponen mesin memiliki kualitas yang baik dan
memenuhi standar, baik dari segi komponen maupun umur
penggunaan yang tahan lama. Mobil adalah satu kesatuan terdiri
dari berbagai komponen yang menyatu, disebut dengan
kendaraan. Masing-masing adalah mesin, chasis dan pemindah
daya, listrik dan aksesoris. Sistem pengereman masuk dalam
kategori chassis dan menjadi salah satu bagian penting pada
kendaraan bermotor karena pengereman adalah salah satu
sistem keselamatan kendaraan tersebut. Sistem rem berfungsi
untuk mengurangi kecepatan (memperlambat) dan menghentikan
kendaraan serta memberikan kemungkinan dapat memparkir
kendaraan ditempat yang menurun atau dalam keadaan miring.
Sistem pengereman yang baik akan meningkatkan handling dari
mobil dan keamanan pengemudi mobil Nogogeni.
Dalam tugas akhir ini akan dilakukan perhitungan ulang
sistem pengereman yang sesuai dengan mobil Nogogeni 3 Evo.
Kemudian dilakukan juga perhitungan untuk menentukan
besarnya gaya pengereman yang dibutuhkan (F) pada kecepatan
50 km/jam dan jarak 15 meter.
Data yang diambil dalam tugas akhir ini adalah data
spesifikasi sistem pengereman yang digunakan pada mobil
Nogogeni 3 Evo. Dari hasil perhitungan dan analisis data, diketahui bahwa besarnya gaya pengereman yang dibutuhkan (F) pada kecepatan 50 km/jam dan jarak 15 meter dengan kondisi jalan lurus adalah 25.762 kgf. ========================================================================== The development of industrialized countries can progress rapidly because it is influenced by the presence of high technological results where the engine components have good quality and meet the standards, both in terms of components and
durable usage life. A car is a unity consisting of various components that converge, called a vehicle. Each is a machine, chassis and power transfer, electricity and accessories. The
braking system falls into the chassis category and becomes an important part of motor vehicles because braking is one of the vehicle safety systems. Brake system serves to reduce speed (slow) and stop the vehicle and provide the possibility to park the vehicle in a place that is down or in a state of tilt. A good braking
system will improve the handling of the car and the safety of the Nogogeni car driver. In this final project will be re-calculated braking system in accordance with the car Nogogeni 3 Evo. Then performed also calculations to determine the amount of braking force required
(F) at a speed of 50 km / h and a distance of 15 meters.
Data taken in this thesis is data specification of braking system used in car Nogogeni 3 Evo. From the calculation and data analysis, it is known that the
amount of braking force required (F) at the speed of 50 km / h and the distance of 15 meters with a straight road condition is 25,762 kgf.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: sistem pengereman; rem hidrolik; Braking system; Disc brake; Hydraulic Braking system; Nogogeni 3 Evo.
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Hafidh Aldiza Arifin
Date Deposited: 12 Jan 2018 03:58
Last Modified: 05 Mar 2019 03:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48642

Actions (login required)

View Item View Item