Perancangan Sistem Otomasi Dan Sirkulasi Minyak Goreng Pada Mesin Penggoreng Donat Otomatis

Safani, Mahesa Adi Nanda (2017) Perancangan Sistem Otomasi Dan Sirkulasi Minyak Goreng Pada Mesin Penggoreng Donat Otomatis. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2214030029-Non_Degree_Thesis.pdf]
Preview
Text
2214030029-Non_Degree_Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mesin penggoreng donat otomatis (Donut Fryer Machine) adalah otomatisasi mesin pembuat donat yang dioperasikan oleh perintah yang telah diprogram sebelumnya melaui mikrokontroller. Hal ini berlawanan dengan pembuatan donat secara umumnya yang menggunakan tenaga manusia, sedangkan pada tugas akhir ini digerakkan oleh motor dc dan lainnya. Luaran yang dihasilkan dari tugas akhir ini adalah dapat dirancang sebuah mesin penggoreng donat otomatis yang dapat mencetak sebuah adonan donat dan menggorengnya secara matang juga memindahkan donat yang matang ke tempat lain. Mikrokontroller yang digunakan adalah Arduino Mega dan software untuk memprogramnya adalah Arduino IDE. Untuk mengatur putaran motor dc digunakan driver motor L298N. Jadi pada mesin pecetak dan penggoreng donat otomatis ini mempunyai empat fungsi utama. Fungsi yang pertama adalah pengendalian temperatur minyak goreng. Fungsi kedua mencetak adonan donat secara otomatis. Fungsi ketiga adalah mengatur sirkulasi minyak goreng. Fungsi terakhir adalah membalik dan meniriskan donat yang sudah matang. Untuk tahap pengerjaan dari empat luaran tersebut akan dibagi untuk mahasiswa pertama pengendalian temperatur minyak goreng dan mahasiswa kedua mencetak adonan, membalik, dan meniriskan secara otomatis dan mengatur sirkulasi dari minyak goreng. Tugas akhir ini bertujuan untuk mencetak adonan, membalik dan meniriskan secara otomatis dan mengatur sirkulasi minyak goreng pada mesin penggoreng donat otomatis.
=========================================================
Donut Fryer Machine is a donut-making machine automation that is operated by pre-programmed commands via microcontroller. This is in contrast to the making of donuts in general that use human source, while in this final project is driven by DC and other motor. The output generated from this final project is to design an automatic donut fry machine that can print a donut dough and fry it thoroughly also move the cooked donut elsewhere. Microcontroller used is Arduino Mega and software to program it is Arduino IDE. To set the motor rotation dc used motor driver L298N. So on this automatic donut printing machine and fryer has four main functions. The first function is to control the temperature of cooking oil. The second function automatically prints donut dough. The third function is to regulate the circulation of cooking oil. The last function is to flip and drain the ripe donuts. For the work stages of the four outcomes will be divided for the first student controlling the temperature of cooking oil and the second student prints the dough, flips, and drains automatically and regulates the circulation of the cooking oil. This final project aims to print dough, crush and drain automatically and arrange cooking oil circulation on the donut fryer machine.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSEO 629.895 Saf p
Uncontrolled Keywords: Arduino; Automation System; DC Motor; Sistem Otomasi; Motor DC
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521.3 Automatic Control
T Technology > TX Home economics
Divisions: Faculty of Vocational
Depositing User: Adi NS Mahesa
Date Deposited: 09 Jan 2018 03:43
Last Modified: 05 Mar 2019 02:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48784

Actions (login required)

View Item View Item