Analisa Kestabilan Sistem Kontrol Autopilot Pada Kapal Palwo Buwono 1600 Teus

Damayanti, Renny (2001) Analisa Kestabilan Sistem Kontrol Autopilot Pada Kapal Palwo Buwono 1600 Teus. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4299109514-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
4299109514-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Dalam upaya mengatur sistem pengcmudian pada saat kapal berlayar di
samudcra bebas. diperlukan adanya suatu alat kontrol otomatis. Alat kontrol yang
berfungsi untuk menjaga arah gcrak kapal agar sesuai dengan set heading yang
akan dituju in~ discbut autopilot Dengan alat kontrol ini maka keselamatan kapal
dapat tcrjaga, sekaligt'S dapat meminimalkan konsumsi bahan bakar. Vntuk
mengetahui seberapa baik kinerja (performance) sistem kontrol autopilot yang
digunakan kapal Palwo Buwono 1600 TEV'S ini, maka dibuatlah suatu analisa
terhadap kestabilan sistem kontrol tcrscbut.
Kompensator PID yang digunakan oleh sistern kontrol ini dimodifikasi
pada penggunaan servomotor hidrolik P dan P'l. Respon transient menunjukkan
sistcm tcrsebut stabil pada penggunaan s~rvomotor PI dcngan kompensator PID
untuk Ki ~ 900, Kp = 818,018; dan Ko = 397,904; karena grafiknya memenuhi
kriteria spcsifikasi desain yaitu settling timenya 8 detik dan overshootnya 9,5%.
Sedangkan pada pcnggunaan servomotor P dengan komp<:nsator PID, grafik
respon transientnya menunjukkan bahwa sistem kontrol pada kapal jenis full
kontainer ini tidak stabil, karcna settling timenya melebihi 10 detik. l\amun jika
settling timenya mcrnenuhi krit eria spesifikasi desain, terjadi adanya overshoot
yang melebihi 10% Dengan dcmikian sistem kontrol ini lebih tepat menggunakan
servomotor Pl.
Pada simulasi dengan gangguan gelombang taut, respon transiemnya
menunjukkan kccenderungan yang scmakin tidak stabil jika fTek'Uensi
gelombangnya semakin diperbesar. Sedangkan pada simulasi dengan gangguan
angin menunjukkan kccenderungan yang cukup stabil, mcskipun jika konstanta
fungsi alihnya diperbesar berakibat settling timenya juga semakin besar, tetapi
masih rnemcnuhi kritcria spesifikasi desain yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 629.8 Dam a
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521.3 Automatic Control
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2017 02:43
Last Modified: 11 Dec 2017 02:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49152

Actions (login required)

View Item View Item