Analisis Tingkat Kematangan Proses Bisnis dan Kesiapan Teknologi Informasi Studi Kasus Usaha Makanan dan Minuman Mikro, Kecil, dan Menengah di Jawa Timur

Sibarani, Patricia Hanna Giovani (2018) Analisis Tingkat Kematangan Proses Bisnis dan Kesiapan Teknologi Informasi Studi Kasus Usaha Makanan dan Minuman Mikro, Kecil, dan Menengah di Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5214100177-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5214100177-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peranan yang penting karena potensi dan kontribusinya dalam hal ketenagakerjaan, pengurangan kemiskinan, pertumbuhan ekspor, dan pengembangan kewirausahaan. Agar UMKM tetap dapat bertahan dan mampu bersaing dalam kondisi pasar internasional, UMKM masih harus meningkatkan keunggulan kompetitifnya. Dalam hal ini, UMKM harus mempertimbangkan peran teknologi informasi. Sumber daya UMKM yang masih terbatas menyebabkan UMKM harus sangat berhati-hati dalam pengambilan keputusan untuk mengimplementasikan TI. Kematangan proses bisnis dan kesiapan TI adalah hal yang harus dipertimbangkan owner UMKM di dalam keputusan pengimplementasian TI karena pada dasarnya teknologi informasi digunakan untuk mendukung proses bisnis yang berjalan di suatu perusahaan.
Penelitian ini mengukur tingkat kematangan proses bisnis dan kesiapan penerapan TI pada 15 perusahaan makanan dan minuman berskala kecil berdasarkan Business Process Orientation Maturity Model (BPOMM) oleh McCormack dan Johnson. Aspek dukungan sistem informasi BPMM pada penelitian ini akan ditinjau secara terpisah dah berfokus pada kesiapan penerapan teknologi informasi di UMKM.
Dari penelitian diperoleh bahwa 14 UMKM berada pada level Ad hoc dan 1 UMKM berada pada level Defined. Sedangkan untuk nilai kesiapan TI, 3 UMKM berada di tingkat rendah, 11 UMKM berada di tingkat sedang, dan 1 UMKM berada di tingkat tinggi. Untuk mendapat gambaran yang menyeluruh mengenai kematangan proses bisnis, nilai kematangan proses bisnis yang diperoleh dari penelitian ini dibandingkan dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan di UMKM garmen.
=========================================================================================
Micro,Small, and Medium Enterprises have an important role because of their potential and contribution in terms of employment, poverty reduction, export growth, and entrepreneurship development. In order for MSMEs to survive and able to compete in international market condition, MSME still have to increase its competitive advantage. In this case, MSME should consider the role of information technology. Because MSMEs resources are limited, MSMEs should be very careful in making decisions to implement IT. Business process maturity and IT readiness should be considered by the the owner of MSME in IT implementation decision because basically information technology is used to support business process running in a company.
This study measures the level of business process maturity and readiness of IT implementation in 15 food and beverage MSME companies based on Business Process Orientation Maturity Model (BPOMM) by McCormack and Johnson. The Information System Support aspect in BPOMM in this research will be reviewed separately and focused on the readiness of the implementation of information technology in MSME.
Based on the results obtained, 14 MSMEs are in ad hoc level and 1 MSME is in the Defined level. As for the IT Readiness, 3 MSMEs are in low level, 11 MSMEs are in the medium level, and 1 MSME is in high level. To obtatin an ongoing picture of the maturity of the business process, the proposed research process is compared to previous research conducted at garment MSMEs.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 658.401 2 Sib a-1 3100018074278
Uncontrolled Keywords: Proses bisnis; UMKM; makanan/minuman; manajemen proses bisnis; business process orientation maturity model; kesiapan TI; business process; MSMEs; food and beverage; business process management; business pro cess orientation maturity model; IT readiness
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Patricia Hanna Giovani Sibarani
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:57
Last Modified: 08 Jun 2020 03:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49500

Actions (login required)

View Item View Item