Pengembangan Aplikasi Peta Tiga Dimensi Interaktif Berbasis Web pada Departemen Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya Menggunakan Unity 3D

Aditya, Naufal (2018) Pengembangan Aplikasi Peta Tiga Dimensi Interaktif Berbasis Web pada Departemen Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya Menggunakan Unity 3D. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5213100130-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5213100130-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi membuat kebutuhan informasi semakin meningkat dari waktu ke waktu. Pada jaman dahulu orang menggunakan pemetaan digital dengan menggunakan 2D untuk memetakan suatu gedung. Tetapi pemetaan yang dilakukan secara 2D kurang memberikan informasi yang mendetail tentang keadaan dari gedung tersebut. Lalu seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi penggunaan teknologi 3D pun mulai digunakan dan diminati oleh pengguna dan digunakan dalam pemetaan secara digital untuk memberikan informasi yang lebih detail tentang keadaan suatu gedung. Untuk itu membangun sebuah rancang bangun peta 3D dapat menggunakan game engine yang biasanya digunakan untuk pembuatan game.

Dengan penggunaan game engine dalam pembuatan peta 3D dapat juga pembuatan simulasi untuk melakukan apa saja proses bisnis yang digunakan sebagai media pengenalan yang menarik. dan Pengguna dapat melihat simulasi laboratorium seperti alat peraga dan interaksi video dengan fitur penggunaan database yang mana dapat mempermudah untuk melakukan perubahan isi konten untuk video dan aplikasi ini dapat diakses dengan menggunakan web.

Pada tugas akhir ini, penulis akan mengembangkan peta 3D dengan memanfaatkan salah satu dari game engine, yaitu unity 3D. Unity 3D, memiliki kemampuan untuk membuat lingkungan virtual yang mirip dengan dunia nyata. Peta 3D yang akan dibuat yaitu wilayah Departemen Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. lalu fungsi database dengan menggunakan mysql untuk melakukan pengunggahan, pembaruan dan penghapusan interaksi video.

Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi peta 3D dapat digunakan untuk menunjukkan gedung Departemen Teknik Industri ITS dengan peta 3D yang interaktif. Sehingga pengguna mendapatkan pengalaman yang berbeda dengan melakukan kunjungan secara virtual

=========================================================================================================

The development of information technology is increasingly needed. In ancient times people used digital mapping using 2D to map a building. The mapping that is being done 2D lacks detailed information about the state of the building. With the development of information technology and more detailed information about the state of a building. To build a 3D map designer can use a game machine that is usually used for game development.

With the use of game engine in 3D map making can also make a simulation to do what business process that used as media of interesting introduction. and Users can view laboratory simulations such as props and video interactions with database usage features which can make it easy to make content content changes to videos and these applications can be accessed using the web.

In this final project, writer will develop 3D map by utilizing one of game engine, that is unity 3D. Unity 3D, has the ability to create virtual environments similar to the real world. 3D map to be made that is the Industrial Engineering Department of Sepuluh Nopember Institute of Technology (ITS) Surabaya. then database functions using mysql to upload, update and delete video interactions.

The author expects, this application can be used to show the building of Industrial Engineering Department of ITS with interactive 3D map. So users get different experiences by visiting virtually.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 006.693 Adi p-1 3100018074448
Uncontrolled Keywords: Departemen Teknik Industri, Interaktif, Pemetaan 3D, Unity 3D, Database
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
T Technology > TH Building construction
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > Z699.5 Information storage and retrieval systems
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Naufal Aditya
Date Deposited: 05 Mar 2018 01:25
Last Modified: 26 Jun 2020 01:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49637

Actions (login required)

View Item View Item