Identifikasi Entitas Data pada Industri Diving untuk Menstrukturkan Informasi menggunakan Analisis Frekuensi

Faubendri, Robbigh (2018) Identifikasi Entitas Data pada Industri Diving untuk Menstrukturkan Informasi menggunakan Analisis Frekuensi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 5213100164-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5213100164-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Diving adalah sebuah aktivitas wisata yang dapat dinikmati oleh para turis dengan cara menyelam dan menikmati alam bawah laut. Dalam melaksanakan wisata diving, tentunya perlu untuk mengetahui informasi - informasi terkait dengan akitivitas tersebut. Informasi yang diperlukan seperti wilayah yang berpotensi untuk di datangi, jenis terumbu karang dan ikan yang tersedia, penginapan yang terdekat, instruktur diving yang tersedia, informasi sertifikasi yang dapat dilakukan, dan banyak lagi informasi yang harus didapatkan jika ingin melakukan diving. Semua informasi tersebut membutuhkan suatu situs yang berfungsi sebagai wadah yang mudah diakses oleh para diver. Kemudahan pengguna pengguna memahami informasi yang terdapat dalam situs tersebut dibutuhkan kondisi informasi yang terstruktur. Dalam menyediakan informasi terstruktur, perlunya dilakukan penenetuan entitas data yang tepat
Oleh karena itu, dalam penelitian kali ini akan dilakukan proses Idenftifikasi entitas data yang akan dilakukan berdasarkan beberapa website kajian yang berkaitan dengan industri diving. Sebelum dilakukannya perancangan, akan dilakukan proses ektraksi data atau informasi pada tiap halaman – halaman webiste yang dijadikan sebagai kajian. Data yang didapatkan akan di pecah menjadi kata kunci. Kata kunci tersebut akan di hitung berdasarkan frekuensi dan akan dilakukan analisis frekuensi. Idenftifikasi Entitas Data akan mengacu kepada standarisasi metadata. Penggunaan standarisasi metadata akan disesuaikan dengan kebutuhan sistem dan industri diving. Setelah menghasilkan sebuah entitas data, maka dilakukan validasi model. Validasi model akan dilakukan dengan pemeriksaan mengguanakan Quality of Assurance.
Hasil analisa dan pereancangan dari model data berdasarkan website sebagai sumber data, didapatkan entitas sebanyak 14 entitas. Website yang digunakan adalah sebanyak 27 website Entitas dan atribut sudah disesuaikan dengan standar schema.org.

===============================================================================================================

Diving is an activity that can be enjoyed by the tourists by way of diving and enjoy the underwater world. In carrying out diving tours, it is necessary to know the information related to the activity. Required information such as potential areas to go to, types of coral reefs and fish available, nearby lodging, available diving instructors, certification information that can be done, and more information to be obtained if you want to dive. All such information requires a site that serves as a container that is easily accessible to the diver. The ease with which users understand the information contained in the site requires a structured information condition. In providing structured information, the need for penenetuan schema and data model right.
Therefore, in this research this will be done process of data model design which will be done based on several research website related to diving industry. Before the design, the process of extraction of data or information will be done on every web page that will be used as data source. That data will be separate and generate keywords. That keyword will be calculated in frequency. Data enitity design will refer to metadata standardization. The use of metadata standardization will be adjusted to the needs of the diving system and industry. After generating a data entity, model validation is done. Validation of the model will be done by checking the Quality of Assurance.
The results of analysis and design of the data model based on the website as a data source, obtained as many as 15 entities. Website used is as much as 27 websites Entities and attributes have been adapted to schema.org standards.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 005.73 Fau i-1 3100018074426
Uncontrolled Keywords: Entitas Data, Analisis Frekuensi, Standarisasi, Validasi, Quality of Assurance
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Faubendri Robbigh
Date Deposited: 14 Mar 2018 07:29
Last Modified: 01 Jul 2020 05:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49837

Actions (login required)

View Item View Item