Permodelan Simulasi Diskrit dalam Distribusi Empat Produk BBM pada Permasalahan Tiga Depo Menuju Tujuan Tunggal

Radevito, Arighi (2018) Permodelan Simulasi Diskrit dalam Distribusi Empat Produk BBM pada Permasalahan Tiga Depo Menuju Tujuan Tunggal. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411340000143-Undegraduate_These.pdf]
Preview
Text
02411340000143-Undegraduate_These.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kapal sebagai salah satu mode transportasi yang digunakan untuk mendistribusikan produk BBM melalui jalur laut. Pengiriman BBM dilakukan kepada demand node dari 3 supply point yang ada untuk 4 jenis BBM. Penentuan jumlah & kapasitas kapal yang tepat dalam mendistribusikan BBM sehingga tidak terjadi kelangkaan merupakan hal yang kompleks. Hal ini dikarenakan selain adanya uncertainty dalam permintaan, lama loading, dan unloading di setiap pelabuhan dan jumlah produk yang dimodelkan lebih dari satu sehingga metode optimasi biasa sulit untuk dilakukan. Maka itu metode discrete-event simulation cocok digunakan untuk menyelesaikan permasalahan ini. Dengan menggunakan metode simulasi percobaan dapat dilakukan dengan skenario berbeda tanpa mempengaruhi kinerja operasional sistem yang ada Model simulasi diskrit dapat menangkap kompleksitas dalam sistem distribusi eksisting. Selain itu simulasi dilakukan pada periode waktu yang ditetapkan dan perubahan variabel terjadi hanya pada waktu tertentu. Dalam melakukan pengembangan skenario penentuan jumlah & kapasitas kapal perlu diperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja sistem. Aturan penugasan rute dan kompartemen merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam distribusi multi produk. Dalam penentuan skenario terbaik, parameter seperti biaya dan service level menjadi acuan utama. Kedua parameter ini memiliki trade off yang kuat sehingga perlu pembobotan dengan metode Entropy dalam multi criteria decision making (MCDM) untuk menentukan bobot kriteria & skenario terbaik dalam simulasi. Hasil penelitian menunjukkan model simulasi skenario 5 dengan jumlah kapal 6 dan kapasitas total 20200 kl merupakan skenario terbaik. Selain itu, prosedur penugasan kapal yang terbaik adalah undedicated compartment. Dari pengerjaan penelitan juga didapatkan pengaruh time windows, kapasitas kompartemen & storage terhadap performansi sistem. Dengan adanya pengaturan penugasan yang sesuai maka diharapkan performansi sistem yang ada seperti service level akan meningkat dan biaya operasional akan berkurang.
=======================================================================================================
Ship as one of the transportation used to distribute BBM through sea. Distribution in this case is between 3 supply nodes & 1 demand node which included 4 types of BBM. Determining ship capacity & number of ships operated by company is such a complex problem. Demand uncertainty, loading unloading duration in different quay and number of product modelled in this case makes it hard to solve this problem by optimation model. So, discrete-event simulation is the method suitable for this complex case. By doing simulation, different scenarios can be applied in the model without interfere performance of the real system. Discrete event simulation could explain complexity in distribution system. Otherwise, simulation is conducted in set periods of time & variables are changing in certain periods of time. In developing scenarios to find number of ships & ship capacity, factors that involved in the system needs to be considered well. Routing & compartment assignment are two of those factors which need to be considered. In determining best scenario, cost & service levels are the main parameter. These parameters have strong trade off so it is necessary to weighting these parameters with Entropy method in multi criteria decision making (MCDM) to find parameter’s weight & best scenario in simulation. This research shows that scenario 5 with 6 ships & 20200 kl total capacity is the best scenario. Beside that, the suitable procedure for distributing multi product is undedicated compartment. From this research, we know how much time windows, storage & compartment capacity influence in system performance. Hopefully with the right number of ships, ship capacity and procedures the company can increase each service level of BBM and save money through efficiency in distribution cost.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.403 01 Rad p-1 3100018074875
Uncontrolled Keywords: Multi product; Maritime Transportation; Entropy; Discrete Event Simulation; Transportasi Laut; Entropy; Simulasi Diskrit
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9 Computer algorithms. Virtual Reality. Computer simulation.
T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Arighi Radevito
Date Deposited: 07 Mar 2018 08:15
Last Modified: 08 Jul 2020 06:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49935

Actions (login required)

View Item View Item