Abulkhoir, Faris Abiyyu (2017) Pengembangan Hydro Magneto Electric Shock Absorber Dan Implementasinya Pada Kendaraan Angkut. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2113100097-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Shock absorber merupakan sebuah sistem peredam yang ditemukan pada kendaraan bermotor baik itu roda dua maupun roda empat. Pada tugas akhir kali ini, juga dilakukan pengembangan serta implementasi dari RSA itu sendiri. Pengembangan dan implementasi yang dilakukan adalah dengan mengembangkan HMERSA (Hydro Magneto Electric Shock Absorber).
Pengembangan yang dilakukan meliputi penyempurnaan alat sehingga meminimalisir kerugian-kerugian atau kehilangan energi mekanik dan meningkatkan energi listrik. Dari pengembangan ini diharapkan terdapat pengurangan pada losses energi. Sehingga energi listrik bangkitan dapat dihasilkan sesuai dengan hasil dari simulasi yang telah dilakukan sebelumnya. Dari penelitian ini juga dihasilkan respon percepatan terhadap kendaraan. Dari respon percepatan tersebut dapat diketahui gaya redam yang dihasilkan dengan respon percepatannya pada sistem HMERSA. Hasil dari respon percepatan tersebut akan dibandingkan dengan hasil simulasi. Dari hasil simulasi didapat bahwa semakin tinggi percepatan yang dilakukan akan semakin besar gaya redam yang dihasilkan. Pada penelitian kali ini akan dibandingkan hasil simulasi dengan hasil yang di dapat dari eksperimen ini. Hasil dari implementasi yang dilakukan akan dituangkan dalam data-data yang akan dituliskan pada laporan tugas akhir kali ini. Pengembangan dan implementasi HMERSA dilakukan dengan berbagai serangkaian metode yang diawali dengan studi literatur, menentukan data parameter, pemodelan dinamis ,analisa karakteristik gaya redam, perancangan HMERSA, pembuatan HMERSA, implementasi pada kendaraan, pengujian serta pengambilan data dan yang terakhir pembuatan analisa data dan laporan. Dari pengambilan data tersebut maka didapat respon percepatan serta energi bangkitan dari sistem HMERSA.
Dari penilitian tersebut didapat hasil respon percepatan serta energi bangkitan pada sistem HMERSA dengan pengaruh variasi kecepatan serta ketinggian bump. Penelitian ini membuktikan bahkan semakin besar kecepatan kendaraan berakibat pada naiknya respon percepatan yang terjadi pada suspensi HMERSA. Penelitian ini juga membuktikan bahwa semakin besar kecapatan kendaraan berakibat pada semakin besar energi bangkitan yang mampu dihasilkan suspensi HMERSA.
====================================================================================================
Shock absorber is a system of damper found in motor vehicles both the two-wheel and four-wheeled. In this final project, also carried out the development and implementation of RSA itself. Development and implementation is done by developing HMERSA (Hydro Magneto Electric Shock Absorber).
The development includes refining tools to minimize losses of mechanical energy and increase electrical energy. From this development there is expected to be a reduction in energy losses. So that the generated electrical energy can be generated in accordance with the results of the simulations that have been done before. From this research also generated acceleration response to the vehicle. From the acceleration response, it can be known that the damping force produced by the acceleration response on the HMERSA system. The result of the acceleration response will be compared with the simulation result. From the simulation results obtained that the higher the acceleration performed the greater the resulting damping force. In this study we will compare the simulation results with the results obtained from this experiment.
The results of the implementation will be poured in the data to be written in the final report this time. The development and implementation of HMERSA is carried out by various series of methods beginning with literature study, parameter data, dynamic modeling, analysis of damping characteristics, HMERSA design, HMERSA manufacture, vehicle implementation, testing and data retrieval and the last data analysis and reporting. From the data retrieval is then obtained acceleration response and energy generation of the HMERSA system.
From the research is obtained the result of acceleration response and energy generation in HMERSA system with the influence of variation of speed and height of bump. This study proves even greater the speed of the vehicle resulted in the increase of acceleration response that occurs in HMERSA suspension. This study also proves that the greater the density of the vehicle resulted in the greater the generation energy that can be generated HMERSA suspension.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSM 629.243 Abu p-1 |
Uncontrolled Keywords: | Regenerative Shock Absorber, Sistem Suspensi, Energi getaran |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL257.5 Automobiles--Shock absorbers--Design and construction. |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Faris Abiyyu Abulkhoir |
Date Deposited: | 23 Feb 2018 03:41 |
Last Modified: | 24 Sep 2020 07:08 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/50084 |
Actions (login required)
View Item |