Analisa Engine Performance dan Combustion Process dari Mesin Diesel Berbahan Bakar Biodiesel Campuran

Saputra, Ramdhan Febrianto (2018) Analisa Engine Performance dan Combustion Process dari Mesin Diesel Berbahan Bakar Biodiesel Campuran. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211240000124-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211240000124-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sudah banyak biodiesel yang diteliti sejak dahulu hingga saat ini, dari biodiesel berbahan palam, kacang – kacangan hingga lemak hewan. Namun dari sekian banyak biodiesel yang telah diteliti dan dibuat ada beberapa biodiesel yang tidak memenuhi standar biodiesel, misalnya saja di Indonesia. Standar bahan bakar di Indonesia sendiri memiliki standar yang disebut SNI, sebelum bahan bakar bisa digunakan secara massif harus lah memenuhi kriteria SNI terlebih dahulu. Sebagai contoh dari biodiesel yang telah diteliti biodiesel berbahan baku biji kapuk misalnya, pada umumnya penelitian sebelumnya banyak mendapatkan biji kapuk memiliki viskositas yang tinggi diatas standar SNI yaitu 6 cSt meskipun biji kapuk memiliki nilai kalor yang tinggi sehingga baik di jadikan sebagai alternatif bahan bakar. Kemudian di lakukanlah eksperimen untuk mencampur biodiesel yang tidak sesuai SNI ini dengan biodiesel yang telah masuk dalam setandar SNI sehingga biodiesel yang tidak layak digunakan ini bisa digunakan dengan proses pencampuran ini. Penelitian ini membahas tentang bagaimana memperoleh kadar campuran yang tepat agar dapat digunakan dan memenuhi Standar SNI. Analisisnya sendiri dilakukan meliputi performa dan combustion characteristic. Dari hasil penelitan biji kapuk yang dicampur dengan kelapa dapat memenuhi standar SNI dengan penggunaan formula bloomfield sehingga di dapatkan biodiesel campuran antara kelapa dan kapuk pada viskositas 4 cSt dengan komposisi 85% kelapa dan 15% biodiesel lalu untuk 6 cSt diperoleh dengan kadar 55% kelapa dan 45% kapuk. Untuk performa dan karakteristik pembakaran didapatkan hasil dimana bahan bakar campuran kelapa dan kapuk dengan viskositas 6 memiliki performa dan karakteristik terbaik namun sedikit boros. Dalam penelitian ini membuktikan bahwa penambahan biodiesel terhadap bahan bakar akan menaikan performanya dan dapat mempercepat waktu ignition delay serta mengurangi knocking.
===================================================================================================
A lot of fuel biodiesel have been studied, from biodiesel comes from palm, nuts to animal fat. Yet from many of biodiesel that has been studied and made there are biodiesel that do not meet the standars of biodiesel, for example, in Indonesia. Standard Fuel in Indonesia itself has a standard called SNI, before fuel can be used massively must meet the criteria of SNI first. As an example cotton seed biodiesel, in previous research got cotton seed biodiesel have high viscosity above SNI standard that is 6 cSt, although cotton seed has high heating values which make cotton seed good for alternative fuel. This research discuss about how to obtain the right mixture to be used to be in SNI standard. The analysis itself includes performance and combustion characteristic. From result of research of cotton seed biodiesel mixed with coconut biodiesel can fulfill SNI standard by using bloomfield formula so get mixture of biodiesel between coconut and cotton seed at viscosity 4 cSt with composition 85% coconut and 15% cotton seed and with viscosity 6 cSt from composisition 55 % coconut oil, 45% cotton seed oil. For performance and combustion characteristics obtained results where the mixed fuel between coconut and cotton seed with viscosity 6 has the best performance and characteristics but a little wasteful. In this research proves that the addition of biodiesel to fuel will increase its performance and can speed up the ignition delay time also reduce knocking.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 621.402 3 Sap a-1
Uncontrolled Keywords: Biodiesel; Minyak Biji Kapuk; Minyak Kelapa; Campuran; viskositas; performa motor; Proses Pembakaran; Biodiesel; cotton seed oil; coconut oil; mixed; viscosity; engine performance, combustion process
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ785 Internal combustion engines. Spark ignition
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ799 Diesel motor--Electronic control.
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ramdhan febrianto saputra
Date Deposited: 23 Jan 2018 07:16
Last Modified: 16 Sep 2020 08:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50200

Actions (login required)

View Item View Item