Perencanaan Park and Ride di Stasiun Light Rail Transit Cibubur

Alfarizi, Kharisma Aqil (2018) Perencanaan Park and Ride di Stasiun Light Rail Transit Cibubur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3112100135-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3112100135-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (24MB) | Preview

Abstract

Cibubur terletak di kawasan pinggir kota Jakarta yang berhubungan dengan Bogor, Bekasi dan Depok . Karena letaknya yang strategis tersebut, maka kawasan ini memiliki fungsi dan letak strategis dalam hal pelayanan angkutan umum. Dari Mobil Angkutan Umum, Bus Antar Kota Antar Propinsi, Minibus, Busway, yang merupakan Angkutan Massal Cepat nomor satu di Jakarta dan yang terbaru adalah LRT yang mulai beroperasi pada 2018 mendatang.Bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, PT. Adhi Karya Persero, sedang melaksanakan pembangunan proyek LRT yang akan menghubungkan Jakarta dengan kota disekitarnya. Hal ini bertujuan untuk menarik pengendara pribadi untuk menggunakan Angkutan Massal Cepat. Maka dari itu diperlukan perencanaan system Park and Ride di Cibubur.
Metode yang digunakan untuk menghitung demand pengguna park and ride menggunakan metode sampling, Analisis Regresi Linier dan Analisis Logit Model. Perhitungan dilakukan dengan cara mengkalibrasikan dua data primer yang berupa data wawancara dan data volume kendaraan (Traffic Counting).
Hasil yang dari penelitian ini adalah rancangan gedung parkir seluas ±43.300m^2 yang dapat mengakomodasi pengguna moda LRT di Stasiun Cibubur, sehingga dapat menarik minat pengguna kendaraan pribadi untuk berpindah menggunakan moda LRT ini, dan terutama dapat mengurangi kemacetan di DKI Jakarta.
============================================================================================================
Cibubur is located in Outer ring of Jakarta and connected with Bogor, Bekasi and Depok. Because of the strategic place, Cibubur has strategical location & function in the scheme of Public Transportation. From the existing range of Angkot, inter city bus, minibus, to the busway, the leading public transportation so far in Jakarta, and the upcoming, Light Rail Transit that begins to operate in 2018. Together with Province Government of DKI Jakarta, PT. Adhi Karya Persero, is now completing LRT project that will connect Jakarta with nearby cities. Its aim is to appeal Personal Ride Owners to use Fast Public Transportation. That being said, Park and Ride system needs to be planned in Cibubur.
Sampling Method, Linear Regression Analysis Logit Model Analysis was used to count demand of Park and Ride. The calculation was using by calibrating two primary datas which are Interview data & Traffic Counting Data.
This research resulted in Parking Building Planning with area of ±43.300 m^2 to accommodate LRT users so all Ride Owners can be tempted to use Fast Public Transportation, thus minimizing Traffic Jams in Province of DKI Jakarta.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 690.538 Alf p-1 3100018075097
Uncontrolled Keywords: Park and Ride; Angkutan Umum; LRT; Busway; BRT; Cibubur; Public Transportation
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Alfarizi Kharisma Aqil
Date Deposited: 20 Mar 2018 03:41
Last Modified: 10 Sep 2020 07:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50289

Actions (login required)

View Item View Item