Srategi Pemilihan Jenis Muatan Untuk Optimalisasi Fasilitas dan Peralatan Pelabuhan: Studi Kasus Pelabuhan Semayang, Balikpapan

Pamungkas, Disembryan Aditya (2018) Srategi Pemilihan Jenis Muatan Untuk Optimalisasi Fasilitas dan Peralatan Pelabuhan: Studi Kasus Pelabuhan Semayang, Balikpapan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04411340000014_Undergraduated_Thesis.pdf]
Preview
Text
04411340000014_Undergraduated_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pada awalnya Pelabuhan Semayang melayani muatan barang umum, petikemas dan penumpang. Tapi, pada tahun 2013 muatan petikemas mulai dialihkan ke Kaltim Kariangau Terminal (KKT). Dengan dialihkanya petikemas tersebut, fasilitas dan peralatan yang dimiliki oleh Pelabuhan Semayang tidak tergunakan secara maksimal, karena nantinya akan berdampak pada pendapatan perusahaan. Tujuan penelitian dalam tugas akhir ini adalah memilih salah satu jenis muatan untuk optimalisasi fasilitas dan peralatan Pelabuhan Semayang. Dalam pemilihan muatan tersebut, digunakan analisis matriks BCG dengan hasil menunjukkan bahwa muatan yang terpilih yaitu muatan barang umum. Karena dalam matriks BCG muatan barang umum berada di kategori star dengan pangsa pasar 0,919 dan pertumbuhan industri sebesar 3,98%, sedangkan muatan petikemas hanya berada di kuadran question marks dan penumpang di kuadran dog. Kemudian dalam analisis hubungan antara kapasitas fasilitas dan peralatan dengan proyeksi arus barang dan penumpang, fasilitas dan peralatan dari muatan barang umum yang sudah tidak optimal yaitu gudang berkapasitas 858.755 ton per tahun mencapai titik maksimum pada tahun 2032 dengan arus muatan 884.325 ton, sedangkan 2 HMC yang digunakan berkapasitas total 804.825 ton per tahun mencapai titik maksimum pada tahun 2023 dengan arus muatan 824.564 ton. Didapatkan optimalisasi fasilitas dan peralatan Pelabuhan Semayang yaitu pengembangan gudang dengan luas 380 m2, penambahan 1 unit HMC 35 ton, pemanfaatan lapangan penumpukan seluas 2.570 m2 untuk offshore supply base. ==============================================================================================================
At first, port of Semayang serve general cargos, containers, and passengers. But, in 2013 the containers began to be transferred to Kaltim Kariangau Terminal (KKT). So from that, the facilities and equipment that is owned by the port of Semayang unused to the maximum, because it will have an impact on corporate earnings. The goal of research in this final project is to choose one of different comodities of cargo for the optimization of facilities and equipment in port of Semayang. In the selection of it, used the matrix BCG analysis with results indicating that the selected is general cargo. Because general cargo in BCG matrix are in category star with 0,919 market share and industry growth of 3,98%, while the containers is only within question marks quadrant and passengers in dog quadrant. Later in the analysis of the relationship between the capacity of the facilities and equipment with current projections of goods and passengers, the facilities and equipment of the general cargo that was not optimal i.e. warehouse capacity of 858.755 tonnes per year reach the maximum point current in 2032 with a cargo of 884.325 tons, while 2 HMC used capacity of a total of 804.825 tonnes per year reaches the maximum point in 2023 with the cargo is 824.564 tons. Obtained by optimization of the facilities and equipment of the port of Semayang, namely the development of warehouse with an area of 380 m2, adding 1 unit HMC 35 tons, and the utilization of the field covering an area of 2,570 m2 buildup for offshore supply base.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSTrL 387.5 Pam s-1 3100018074928
Uncontrolled Keywords: pemilihan; optimalisasi; fasilitas dan peralatan; matriks BCG; star; question marks; dog; offshore supply base
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355 Traffic engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Pamungkas Disembryan Aditya
Date Deposited: 24 Jan 2018 08:54
Last Modified: 19 Aug 2020 02:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50367

Actions (login required)

View Item View Item