Gabel, Muhammad Irza (2018) Studi Model Operasi Kapal Ikan Dengan Kapal Angkut Dalam Upaya Peningkatan Produksi Penangkapan Ikan: Studi Kasus Kapal 30 - 60 GT Di PPP Bajomulyo - Pati. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
04411340000032-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Dalam Tugas Akhir ini dilakukan evaluasi pola operasi kapal ikan berukuran 30 – 60 GT yang terdapat di PPP Bajomulyo Kabupaten Pati dengan tujuan untuk mengetahui model operasi kapal ikan yang dapat meningkatkan produksi perikanan tangkap. Saat ini terdapat dua pola operasi di PPP Bajomulyo, yaitu kapal ikan yang langsung kembali ke pelabuhan pangkalan (skenario I), serta ada pula kapal ikan yang menggunakan kapal angkut (fish carrier). Pada penelitian ini dikembangkan pola operasi yang menggunakan kapal angkut. Kapal angkut melayani seluruh kapal penangkap ikan ukuran 30 – 60 GT di area fishing ground tersebut (skenario II). Jadi kapal angkut tidak hanya melayani satu atau dua kapal penangkap ikan. Area fishing ground kapal – kapal penangkap ikan berada di tiga lokasi yaitu Laut Jawa, Laut Bali serta Laut Flores dan Selat Makasar dengan jumlah 102 kapal. Untuk dapat melayani seluruh kapal penangkap ikan di area fishing ground tersebut, kapal angkut tidak menjemput ke masing – masing kapal penangkap ikan, tetapi menjemput di titik koordinat tertentu. Titik koordinat kapal angkut pada skenario II tersebut ditentukan dengan metode gravity location model yang kemudian disempurnakan dengan model optimasi. Titik koordinat penjemputan oleh kapal angkut berada di 111,19’ BT dan 5,9’ LS untuk Laut Jawa. 117,2’ BT dan 6,28’ LS untuk Laut Bali serta Flores. Dan 117,9’ BT dan 5,10’ LS untuk Selat Makassar. Model optimasi juga digunakan untuk mencari ukuran kapal angkut yang dapat melayani kapal – kapal penangkap ikan di fishing groundnya. Dari hasil penelitian, pada skenario II dibandingkan dengan sknario I didapat untuk Laut Jawa jumlah produksi turun 3% sedangkan Laut Bali dan Laut Flores produksi naik 23% dan Selat Makassar produksi juga naik 26%.
===============================================================================================================
In this Final Project, it is evaluated the operation model of 30 - 60 GT fishing vessel which is found in PPP Bajomulyo Pati Regency to know fishing vessel operating model that can increase ship catching production. Currently there are two operating models in Bajomulyo Beach Fishery Seaport, that is fishing vessel that directly return to the port (scenario I), and there is also a fishing vessel using a fish carrier. In this research, it is developed operating model using a fish carrier. Fish carrier serve all 30 - 60 GT fishing vessels in the fishing ground area (scenario II). So the fish carrier do not only serve one or two fishing vessels. Fishing ground for fishing vessels are located in three locations, there are Java Sea, Bali Sea and Flores Sea and Makassar Strait with 102 fishing vessels. To be able to serve all fishing vessels in the fishing ground area, fish carrier do not pick up to each fishing vessel, but pick up at certain coordinate points. The coordinate point of the transhipment in scenario II is determined by the gravity location model method which is then refined by the optimization model. Coordinate point for pick up by fish carrier was at 1110.19' BT and 50.9' LS for Java Sea. 1170.2' BT and 60.28' LS for the Bali Sea as well as Flores. And 1170.9' BT and 50.10' LS for Makassar Strait. The optimation model is also used to find the size of fish carrier that can serve fishing vessels in fishing ground. From the results of the study, in scenario II compared with scenario I obtained for Java Sea production decreased 3% while Bali Sea and Flores Sea production rose 23% and Makassar Strait also rose 26%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSTrL 387.54 Gab m-1 3100018074978 |
Uncontrolled Keywords: | Fish carrier, Gravity Location Model, Model Optimasi |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Gabel Muhammad Irza |
Date Deposited: | 03 Apr 2018 02:01 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 06:59 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/50381 |
Actions (login required)
View Item |