Model Spasial Sistem Dinamik Untuk Pengembangan Smart Mobility Dalam Mengurangi Tingkat Kemacetan (Studi Kasus : Kota Surabaya )

Shiddekh, Mochammad Althof Ibtisaam (2018) Model Spasial Sistem Dinamik Untuk Pengembangan Smart Mobility Dalam Mengurangi Tingkat Kemacetan (Studi Kasus : Kota Surabaya ). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5214100182-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5214100182-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kota besar sangat identik dengan padatnya penduduk dan ladang pekerjaan yang sangat diburu oleh masyarakat baik yang tinggal di kota itu sendiri maupun dari daerah sebrang yang jauh dari kota. Semua berbondong-bondong menuju pusat kota demi menggapai pendapatan yang lebih baik, namun karena itulah populasi kota semakin membeludak terutama dihari kerja, memang secara kependudukan tidak terlampau besar kenaikannya, namun pergerakan manusia tetap naik tajam. Ditambah dengan kebutuhan transportasi yang juga besar. Kebiasaan dalam membawa kendaraan pribadi pun masih mewabah terutama di Indonesia ini, Penggunaan moda transportasi umum masih sangat kecil, pemikiran akan kendaraan umum yang tidak nyaman dan tidak fleksibel masih menjadi alasan utama dalam penggunaan kendaraan pribadi. Dengan semua itu, padatnya kendaraan disetiap titik kota pun tak dapat dihindari. Belum lagi apabila ada faktor eksternal seperti perbaikan jalan, penggunaan jalan untuk acara tertentu ataupun pembangunan. Jalan semakin ramai dan deadlock sangat mungkin terjadi. Udara semakin tercemar, tingkat ekonomi yang melambat, dan banyak kerugian lainnya.

Maka dari itu diperlukan suatu sistem yang memiliki peranan dalam membantu untuk mengurangi tingkat kepadatan lalu lintas kota dan tetap membuat masyarakat kota nyaman dalam menggunakan moda transportasi dengan biaya terjangkau dan tetap mengedepankan kecepatan trasnport yang efisien dan ramah lingkungan. Sistem ini disebut Smart Mobility, salah satu aspek dari Smart City yang diterapkan dalam skema ITS ( Integrated Transportation System ). Namun, sebelum adanya implementasi dari ide tersebut, perlu adanya pemodelan matematis yang dapat menjadi acuan pengambilan keputusan terkait dengan impelementasi Smart Mobility System ini.

Pada tugas akhir ini, penulis akan melakukan pemodelan dinamik terkait dengan Smart Mobility System dengan menggunakan tools Vensim. Diawali dengan pembuatan diagran kausatik sampai dengan pembuatan skenario untuk melihat seberapa rigid sistem yang di rancang.
Penulis mengharapkan dengan adanya model sistem dinamik ini, Pemerintah Kota Surabaya dapat melihat potensi yang besar pada implementasi Smart Mobility ini, dan dapat membuka wawasan pada masyarakat Kota Surabaya nantinya.

============================================================================================================

It is not surprising that a
big city in all over the world is
crowded by its citizens and also tons of job vacancy to be
applied for the citizens it selves or the other cities. Al of
them going for the same
goal, to make their living much
more better by working in the cities rather than their
homeland.
But, this is the case why the city raised so
rapidly when it on weekdays.
It Is not about the birth rate
that extremely increase the population, but the traffi
c that
transports tons of people from neighborhood cities make it
happen.
In Indonesia, people
feel much better to take their
personal vehicle rather than
using the public
transportation. They thin
k
that the public transportation is
not as comfortable and
flexible as they expect. And
because almost all of them think the same way, traffic
congestions that occur so frequent are inevitable.
Furthermore, the external causes of the traffic congestion
also make it even worse. Causes like road maintenance,
buildin
g new roads or even an event that occurs to block
the road. Traffic will be so crowd even more. The air
composition is full of carbonized combustion from gasoline and diesel vehicles, degradation of economical
state, and etc.
So,
it may be necessary to bu
ild a system
that can support
the program of decreasing traffic congestion in the
centrals
and make the citizen feel comfortable in using any
modern transportation on values, efficient, and still make
a low emission.
This system
is called Smart Mobility, o
ne
of the aspect of Smart City that implement ITS ( Integrated
Transportation System ). But, before the implementation
begins, it will be necessary to do a mathematical model
what kind of Smart Mobility that
suit the most for the City
of Surabaya.
In this
thesis, author will do a dynamic system modelling
about the Smart Mobility System with Vensim.
Begins
within the development of causatic diagram to make a
scenario that will test the rigidness of the system.
Autho
r hopes
within the existence of this dyna
mic system,
Surabaya City’s government can overlook the potential of
the Smart
Mobility implementation and ed
ucate the citizen
of Surabaya about
this system

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 003.85 Shi m-1 3100018074894
Uncontrolled Keywords: Sistem Dinamik, Integrated Transportation System, Vensim, Smart City, Smart Mobility, Traffic Congestion
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Shiddekh Mochammad Althof Ibtisaam
Date Deposited: 03 Apr 2018 02:21
Last Modified: 04 Sep 2020 04:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50426

Actions (login required)

View Item View Item