Desain Interior MI Al-Huda Untuk Menunjang Pembelajaran Interaktif Dengan Nuansa Islam

Wijayanti, Arifa Tantri (2018) Desain Interior MI Al-Huda Untuk Menunjang Pembelajaran Interaktif Dengan Nuansa Islam. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3813100010-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3813100010-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan penduduk di Kota Malang menimbulkan kebutuhan akan sekolah meningkat. Di sisi lain agama merupakan hal penting yang perlu ditanamkan sejak dini karena merupakan sumber moral dan petunjuk kebenaran. Pengaplikasiannya dalam pendidikan disisipkan dalam kurikulum yang ditetapkan oleh Kemendikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan) dan Kemenag (Kementrian Agama), hal tersebut menyebabkan beban jam belajar lebih lama dari sekolah umum, sehingga membutuhkan fasilitas sekolah yang aman nyaman. Di sisi lain MI Al-Huda adalah salah satu sekolah Islam swasta yang ada di Kota Malang. Sekolah swasta memiliki perbedaan dari sekolah yang disediakan pemerintah karena sekolah swasta dimiliki olah perseorangan atau kelompok dan mendapatkan pendanaan dari pemerintah yang sangat sedikit, sehingga pendanaan operasional dibebankan pada wali murid.
MI Al-Huda berdiri di atas lahan seluas 1160m2 yang terbagi menjadi 2 bangunan utama dan digunakan untuk 18 ruang kelas, 2 ruang guru dan lain sebagainya. Sekolah tersebut memiliki masalah yaitu belum terlihatnya image atau citra sebagai sekolah Islam pada bangunan eksisting, oleh karena itu perlu adanya renovasi atau redesain. Redesain akan dilakukan dengan menyesuaikan karakter murid dan sistem pembelajaran yang dipakai. Guru menyampaikan 30% pembelajaran dengan cara kegiatan motorik seperti membuat karya dan games, sehingga disimpulkan bahwa guru menggunakan sistem pembelajaran interaktif karena model pembelajaran tersebut berorientasi atau terfokus pada murid.
Redesain ini dilakukan dengan metode pengumpulan data terlebih dahulu dengan cara wawancara tidak terstruktur dan observasi, setelah data terkumpul dilanjutkan dengan analisa data. Hasil analisa data akan dijadikan sintesis (simpulan), lalu dilanjutkan dengan perancangan desain, dan berakhir pada konsep desain. Konsep desain yang diperoleh adalah DESAIN INTERIOR MI AL-HUDA UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN NUANSA ISLAM. Konsep ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang ada di MI Al-Huda.
=============================================================================================================
Population growth in Malang City raises the need for schools. On the other hand, religion is an important thing that needs to be introduced early because it is a source of moral and guidance of truth. Its application in education is included in the curriculum set by the Ministry of Education and Culture (Kemendikbud) and Ministry of Religious Affairs (Ministry of Religious Affairs), which causes the burden of longer study time than public schools, requiring comfortable school facilities. On the other hand, MI Al-Huda is one of the private Islamic schools in Malang. Private schools differ from government-provided schools because private schools are owned by individuals or groups and get very little government funding, so operational funding is borne by the guardians.
MI Al-Huda stands on an area of 1160m2 which is divided into 2 main buildings and used for 18 classrooms, 2 teachers rooms and so forth. The school has a problem that is not yet have an image of Islamic school in its existing building, therefore the school needs a renovation or redesign. Redesign will be done by adjusting the character of students and learning systems used. Teachers deliver 30% of learning by motor activities such as making artworks and games, so it is concluded that teachers use interactive learning system because the learning model is oriented or focused on the students.
This redesign is done by data collection method by unstructured interview and observation, after data collected, then followed by data analysis. The results of data analysis will be made into synthesis (conclusion), then proceed with designing the concept, and ends on the concept design. The design concept obtained is INTERIOR DESIGN MI AL-HUDA TO SUPPORT INTERACTIVE LEARNING WITH ISLAMIC NUANCED. This concept is expected to solve the problems that exist in MI Al-Huda

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDI 729 Wij d-1 3100018074983
Uncontrolled Keywords: Sekolah Islam; Sekolah dasar; Interior Islami; islamic School; Elementary School; Islamic Interior
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Interior Design
Depositing User: Wijayanti Arifa Tantri
Date Deposited: 24 Jan 2018 08:13
Last Modified: 09 Sep 2020 08:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50493

Actions (login required)

View Item View Item