Desain Mainan Konstruksi Bertransformasi Untuk Melatih Motorik Anak Usia 4-6 Tahun

Wibisono, Lia Nandika (2018) Desain Mainan Konstruksi Bertransformasi Untuk Melatih Motorik Anak Usia 4-6 Tahun. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3413100059-Undergraduate_These.pdf]
Preview
Text
3413100059-Undergraduate_These.pdf - Accepted Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Usia prasekolah (4-6 tahun) merupakan tahapan usia dimana anak mengalami penyempurnaan perkembangan dalam berbagai aspek, baik dari segi fisik, intelektual, emosional maupun sosial. Mainan sebagai salah satu sarana untuk membantu anak mencapai perkembangan yang utuh harus dipilih dengan menyesuaikan pada kebutuhan dan minat anak, sehingga mainan dapat memberikan efek stimulasi yang tepat sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Keterampilan motorik sebagai salah satu aspek perkembangan yang mengalami proses penyempurnaan perlu distimulasi dengan jenis permainan yang tepat. Melalui proses observasi pengamatan kegiatan harian anak yang berhubungan dengan gerak fisik , diketahui bahwa jenis permainan yang tepat untuk anak pada usia ini adalah mainan konstruksi dan mainan tunggangan (ride on toys) seperti sepeda dan skuter. Kombinasi dari kedua jenis mainan ini dapat memaksimalkan perkembangan motorik anak secara keseluruhan, baik motorik halus maupun motorik kasar. Proses desain diawali dengan dengan mengumpulkan data literature dan observasi kegiatan user. Hasil pengumpulan data tersebut kemudian diolah untuk mendapatkan permasalahan dan kebutuhan sehingga didapatkan sebuah solusi yang efektif. Konsep yang didapat diharapkan mampu untuk menunjang kompleksitas perkembangan motorik anak prasekolah.
================================================================================================================== Preschool age (4-6 years) is the age stage in which the child experiences improvement in various aspects, both physically, intellectually, emotionally and socially. Toys as a means to help the child achieve full development should be chosen by adjusting to the needs and interests of the child, so the toy can give the right stimulation effect in accordance with the stages of child development. Motor skills as one aspect of development that undergoes
a refinement process needs to be stimulated with the right kind of toys. Through the observation process of childre n's daily activities observation that related to physical movement, it is known that the right kind of toys for children at this age is construction toy
s and ride on toys such as bicycle and scooter. The combination of these two types of toys can maximi ze
overall motor development of children, both fine motor and gross motor. The design process begins with collecting literature data and user activity observation. The results of data collection then processed to get the problems and needs so that
obtained an effective solution. The concept is expected to be able to support the complexity of
preschool children motor skills development.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 745.592 Wib d
Uncontrolled Keywords: Anak prasekolah; perkembangan motorik; mainan konstruktif; ride on toys; Preschool children; motor skill development; construction toys
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS170 New products. Product Development
T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
T Technology > TS Manufactures > TS2301.T7 Toys, etc
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Industrial Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Lia Nandika WIbisono
Date Deposited: 02 May 2018 01:52
Last Modified: 01 Jul 2020 07:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51099

Actions (login required)

View Item View Item