Arisandhi, Riskha Ariskha (2016) Analisa Getaran Pada Kapal SAR (Search And Rescue) Dengan Material HDPE (High Density Polyethilene). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4213106004-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Polietilena berdensitas tinggi adalah polietilena termoplastik
yang terbuat dari minyak bumi dengan density sebesar 0,950 ton/m³.
Untuk 1 kg HDPE membutuhkan 1,75 kg minyak bumi (sebagai
energi dan bahan baku). Karena sifatnya yang keras, kuat, tahan
terhadap air, serta mampu bertahan pada temperatur tinggi (120ºC)
dan rendah minus 40º C, HDPE dapat digunakan untuk pembuatan
kapal boat. Dalam pengoperasiannya, salah satu yang menjadi
kendala kapal dengan material HDPE adalah faktor kenyamanan
penumpang. Akibat putaran mesin pada saat kapal rescue boat
beroperasi menyebabkan getaran pada kapal.
Tujuan dari tugas akhir ini adalah menganalisa getaran
pada kapal SAR (Search And Rescue) dengan material HDPE
(High Density Polyethilene). Analisa dilakukan dengan metode
CFD (Computational Fluid Dynamic) untuk mengetahui
deformasi dan reaksi harmonik (equivalent stress) serta
mengetahui bentuk frequency response dari kapal HDPE. Hasil
dari penelitian ini menunjukan bahwa deformasi terbesar terjadi
pada kecepatan 40 knots sebesar 0,0032847 m. Kapal mengalami
tegangan terbesar pada bagian bawah lambung kapal yaitu sebesar
21081 Pa dengan pembebanan sebesar 12741,9 Pa.
=====================================================================================================
High density polyethylene is polyethylene thermoplastic
which made from petroleum with density of 0.950 tons / m³. For 1 kg
of HDPE requires 1.75 kg of oil (for energy and raw materials).
Because the material too hard, strong, water resistant, and able to
withstand high temperatures (120ºC) and low temperature until minus
40° C, so HDPE can be used for boat. In operation, one of the
constraints ship with HDPE material is passenger comfort factor. Due
to engine speed at the time of the rescue boat operates causing
vibrations in the ship.
The purpose of this final project was to analyzed the
vibration of the SAR (Search And Rescue) boat using HDPE (high
density polyethylene) material. Analysis using CFD (Computational
Fluid Dynamics) to determine the deformation and harmonic response
(equivalent stress), and determine the shape of the HDPE boat
frequency response. Results from this study indicated that the greatest
deformation occurs at a speed of 40 knots with total deformation is
0.0032847 m. The greatest stress of the boat on the bottom hull is
21081 Pa with force 12741,9 Pa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSSP 620.302 87 Ari a |
Uncontrolled Keywords: | Kapal SAR, HDPE, Getaran, CFD, Equivalent Stress, Reaksi Harmonik |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA935 Vibration V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 06 Feb 2018 03:17 |
Last Modified: | 26 Dec 2018 04:01 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/51154 |
Actions (login required)
View Item |