Pendugaan Proporsi Penduduk Melek Huruf Sebagai Pendekatan Angka Melek Huruf Menggunakan Small Area Estimation Dengan Hierarchical Bayes Di Kabupaten Bangkalan

Fadila, Risya (2016) Pendugaan Proporsi Penduduk Melek Huruf Sebagai Pendekatan Angka Melek Huruf Menggunakan Small Area Estimation Dengan Hierarchical Bayes Di Kabupaten Bangkalan. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1311201207-Master Thesis.pdf]
Preview
Text
1311201207-Master Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Angka Melek Huruf (AMH) merupakan salah satu komponen yang dihitung untuk mengukur indeks pembangunan manusia (IPM), dimana tinggi rendahnya menggambarkan keberhasilan dalam pembangunan kesehatan, kependudukan, pendidikan dan ekonomi di suatu negara. Informasi AMH yang mendetail sampai pada level kecamatan diperlukan dalam membuat kebijakan terkait keberhasilan pembangunan penduduk suatu daerah untuk pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan AMH pada level kecamatan berdasarkan dugaan AMH yang didapat dari hasil SUSENAS dan varibel-variabel yang diduga berpengaruh terhadap AMH.
Small Area Estimation (SAE) adalah sebuah metode untuk memenuhi permintaan akan statistik pada small area yang akurat ketika hanya tersedia sampel yang sangat kecil untuk area tersebut atau bahkan untuk daerah yang tidak terambil sebagai sampel. Pada penelitian ini diterapkan SAE dengan pendekatan Hierarchical Bayes (HB) yang cocok digunakan untuk data biner maupun kontinu.
Berdasarkan korelasi pearson, variable penyerta yang digunakan untuk menduga proporsi penduduk yang bisa membaca dan menulis yaitu rasio penduduk miskin, rasio tenaga pendidik SD, rasio tenaga pendidik SMP, dan angka partisipasi murni 13-15 tahun memberikan pengaruh terhadap proporsi penduduk yang bisa membaca dan menulis. Namun, dalam pendugaan proporsi penduduk yang bisa membaca dan menulis menggunakan HB, hanya terdapat 1 variabel yang berpengaruh signifikan yaitu Rasio Tenaga Pendidik SMP. Berdasarkan model yang terbentuk untuk SAE, maka didapatkan hasil pendugaan untuk proporsi penduduk yang bisa membaca dan menulis di Kecamatan Sepulu sebagai kecamatan outsample yaitu sebesar 0,714.
====================================================================================================
Literacy Rate (LR) is one of components which is calculated to measure the Human Development Index (HDI), which illustrates the level of success in the development of health, population, education and economic in a country. LR's detailed information to the district level is needed in making policies related to the successful of development of the population of an area for the government. This study is targeted to get LR at the district level based on the LR's estimates obtained from SUSENAS and variables which supposed to influence the LR.
Small Area Estimation (SAE) is a method to satisfy the demand of statistics on small areas that will accurate when it is available only for a few samples of the areas or even for areas that are not drawn as a sample. In this study, the SAE is applied together with Hierarchical Bayes (HB) which is suitable for binary data and continuous.
Based on Pearson correlation, the four variables which are used to estimate LR impact to LR. However, in estimating the LR using the HB, there is only one variable that significantly works, it is SMP Ratios Educators. Based on the model formed for The SAE, result obtained the estimation for the citizen propotion who have the ability to read and write as many as 0.714 in Sepulu sub-district as the outsample.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTSt 519.542 Fad p
Uncontrolled Keywords: Angka Melek Huruf, Hierarchical Bayes, Small Area Estimation.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.23 Decision making. Business requirements analysis.
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 23 Feb 2018 08:07
Last Modified: 26 Dec 2018 07:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51358

Actions (login required)

View Item View Item