Perencanaan Sand Dunes Sebagai Pelindung Pantai Terhadap Pengaruh Gelombang Tsunami Di Teluk Rajegwesi Banyuwangi

Fernas, . (2000) Perencanaan Sand Dunes Sebagai Pelindung Pantai Terhadap Pengaruh Gelombang Tsunami Di Teluk Rajegwesi Banyuwangi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4394100027-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
4394100027-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Padu lautan yang terlewati oleh lempeng tektonik sungut berpotensi untuk terjadi Tsunami. Gelombang ini dapat menyapu pantai dan merusak daerah disekitarnya, karena itu diperlukan pelindung yang baik bagi pantai dalam mencegah kerusakan yang dapat terjadi.
lugas akhir ini menyajikan perencanaan satu! dunes sebagai alternatif perlindungan pantai dengan persediaan material yang cukup besar dan mudah didapatkan. Perencanaan ini dilakukan untuk mencegah kerusakan akibat gelombang tsunami di Teluk Rajegwest Banyuwangi. Isi dari perencanaan berupa penentuan dimensi dan letak sand dunes pada pantai untuk menahan guva gelombang tsunami. Perhitungan gaya gelombang tsunami menggunakan data yang diperoleh duri hasil pemodelan fisik kejadian Tsunami tahun 1994.
I enentuan dimensi dilakukan hingga memenuhi stabilitas yang disyaratkan, sedangkan letaknya disesuaikan dengan kondisi lokasi. Perhitungan stabilitas sand dunes terdiri dari perhitungan stabilitas terhadap geser dan perhitungan stabilitas terhadap longsor (sliding). Dalam perencanaan ini juga dilakukan perhitungan penurunan akibat beban sand dunes untuk mengetahui besar penurunan yang akan terjadi dan berapa waktu yang dibutuhkan untuk total penurunan.
Hasil akhir yang diperoleh dan perencanaan adulah sand dunes dengan tinggi > m, lebar R m dan kemiringan 25° pada jarak 90 m di belakang garis pantai. Kuat geser sand dunes pada kondisi ini terhitung sebesar 1292646.376
N m.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 627.58 Fer p
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GC Oceanography
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 13 Mar 2018 08:23
Last Modified: 13 Mar 2018 08:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51524

Actions (login required)

View Item View Item