Aplikasi Database Komputer Dalam Penentuan Prosedur Pengelasan Las Busur Argon (MIG) Berdasarkan Standar AWS

Kurniawan, Abdul Rozaq (2000) Aplikasi Database Komputer Dalam Penentuan Prosedur Pengelasan Las Busur Argon (MIG) Berdasarkan Standar AWS. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4395100035-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
4395100035-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview

Abstract

Dalam merencanakan suatu sambungan las dengan menggunakan las MIG per!u diperhatikan faktor kekuatan biaya, kemampuan tukang las untuk melakukan pengelasan serta kemungkinan terjadinya cacat pada hasil lasan. Untuk mendapatkan suatu sambungan las yang kuat dan memenuhi kriteria mutu perlu dilakukan penyusunan prosedur pengelasan yang berisi variabel-variabel dan rincian pelaksanaan pengelasan. Tahapan perencanaan prosedur pengelasan merupakan kegiatan iteratif dan membutuhkan pengetahuan yang cukup luas untuk mendapatkan suatu prosedur pengelasan yang efektif dan efisien. Sehingga dalam merencanakan suatu prosedur pengelasan diperlukan waktu dan biaya yang cukup besar. Salah satu usaha yang memungkinkan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menggunakan suatu piranti lunak yang didukung oleh data-data penyusun prosedur pengelasan vung terorganisasi dalam suatu dalabase.
RhoWELD-2000 yang dihasilkan pada tugas akhir ini didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam menyusun suatu prosedur pengelasan las busur MIG. RhoWFLD-2000 merupakan suatu uplikasi berbasis dalabase, dikembangkan dengan menggunakan Borland Delphi -1.0. Hasil akhir dari aplikasi mi adalah sebuah report prosedur pengelasan yang memenuhi sutndur AWS
Dl.l.
Validasi RhoWELD~2000 dilakukan dengan menbandingkan prosedur ¡K iige/asun yang dihasilkan RhoWELD-2000 dengan prosedur pengelasan pada buku The Trocedure Handbook of Arc Welding halaman 6-64. Data input yang digunakan dalam pengujian ini adalah sambungan fillet dengan posisi pengelasan /lorisontal, material induk yang digunakan adalah baja karbon atau alloy Steel dengan ketebalan material 0,5 inehi. Dan liasi/ pengujian mi didapatkan bahwa prosedur pengelasan yang dihasilkan dengan RhoWFLD~2000 tidak jauh beda dengan prosedur pengelasan yang terdapat pada buku The Trocedure Handbook of Arc Welding.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 671.52 Kur a
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS227 Welding.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 15 Mar 2018 02:08
Last Modified: 15 Mar 2018 02:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51533

Actions (login required)

View Item View Item