Perancangan Struktur Building Frame System dengan Special Moment Resisting Frame dan Shear Wall

Juarsa, Yuyus (2001) Perancangan Struktur Building Frame System dengan Special Moment Resisting Frame dan Shear Wall. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3196100100-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3196100100-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (25MB) | Preview

Abstract

Tugas akhir ini membahas tentang bagaimana Sistem struktur yang gunakan dapat berperilaku dalam menahan beban gempa yang teijadi. aya gempa dasar dipengaruhi oleh nilai R suatu sistem struktur, 5.5 ituk Building frame System. Kelakuan struktur dimodelkan atas dasar >akah elemen struktur didesain untuk menerima dan menahan gaya mpa atau tidak.
Building Frame System didesain untuk bangunan tahan gempa, mana ada dua elemen yang berbeda dalam perlakuannya terhadap gaya mpa. Shearwall sepenuhnya di fungsikan untuk menerima dan menahan ya gempa, sementara balok -kolom sebagai rangka difungsikan untuk lak menahan gaya gempa, sepenuhnya hanva untuk menerima beban avitasi. Akan tetapi harus mampu menahan beban gravitasi secara »timal pada saat teijadi deformasi inelastis akibat adanya gaya gempa.
Sebagian dari frame difungsikan untuk menyalurkan gava gempa enuju sistem penahan gaya gempa, shearwall. Frame seperti ini biasa sebut sebagai kolektor elemen didesain menggunakan desain kapasitas, >lom didesain lebih kuat dari pada balok, dan geser balok didesain lebih lat dari lentur balok.Kombinasi beban yang digunakan sama dengan »mbinasi beban yang digunakan pada saat sedang menghitung n ulangan Shearwall.
Beban yang menggunakan kombinasi gava gempa harus dikalikan ngan 1.1. Gava gempa yang teijadi terdiri dari gaya gempa vertikal dan va gempa horisontal. Gaya gempa vertikal didapatkan dari beban mati kalikan koefisien tertentu. Koefisien gaya gempa horisontal
perhitungkan dengan faktor keandalan yang merupakan variable dari irea nerhadinpan pava peser terbesar vanp teriadi nada shearwall

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 690 Jua p
Uncontrolled Keywords: Struktur building, frame system, special moment, resisting frame, shear wall
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Eny Widiastuti -
Date Deposited: 16 Mar 2018 07:11
Last Modified: 16 Mar 2018 07:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51547

Actions (login required)

View Item View Item