Laju Korosi Aluminium pada Kapal FPB 28 dalam Larutan NaCl dengan Metode Polarisasi

Anam, Khoirul (1999) Laju Korosi Aluminium pada Kapal FPB 28 dalam Larutan NaCl dengan Metode Polarisasi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4192100008-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4192100008-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (30MB) | Preview

Abstract

Pembangunan kapal FPB 28 yang dibuat di PT P AL Surabaya sekarang secara keseluruhan digunakan material aluminiun terutama bagian lambung kapal yang generasi terdahulunya material aluminium digunakan hanya bangunan atas saja, sehingga perlu dikaji proses korosi atau pengurangan ketebalan dari alumunium akibat besentuan langsung dengan media yang korosif air laut yang merupakan larutan garam NaCl.
Dalam perhitungan laju korosi menggunakan prinsip korosi galvanik yang terjadi dalam logam tunggal sebagai akibat perbedaan potensial anoda dan katoda lokal dalam media eletrolit, dan media yang digunakan adalah larutan garam NaCl yang merupakan senyawa terbesar dalam air laut. Perhitungan laju korosi dilakukan beberapa percobaan dengan kondisi biasa dan las-lasan untuk mengetahui pengaruh kadar garam NaCl (salinitas) terhadap laju korosi dan pengaruh cacat logam terhadap laju korosi.
Percobaan dilakukan pengujian material aluminium dalam laboratorium dengan metode elektrikimia teknik polarisasi instrumen potensiostat diperoleh arus ia dan ic serta dari arus tersebut dibuat kurva polarisasi berupa grafik hubungan E/Log(i/A). Dari grafik ini didapatkan ikon- dan selanjutnya digunakan untuk menghitung laju korosi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.848 Ana l
Uncontrolled Keywords: Korosi, Aluminium, Kapal, Larutan NaCl, Metode polarisasi, Corrosion, Polarization
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA418.74 Corrosion and anti-corrosives
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Eny Widiastuti -
Date Deposited: 19 Mar 2018 02:17
Last Modified: 21 Mar 2018 04:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51558

Actions (login required)

View Item View Item