Metode Spektrofotometri Untuk Pengukuran Hipoklorit Menggunakan Rhodamin B

Fahmi, Muhammad Ainul (2015) Metode Spektrofotometri Untuk Pengukuran Hipoklorit Menggunakan Rhodamin B. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of undergraduated thesis.pdf]
Preview
Text
undergraduated thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode spektrofotometri untuk pengukuran hipoklorit menggunakan Rhodamin B dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari hipoklorit terhadap Rhodamin B. Ion hipoklorit mengoksidasi Rhodamin B sehingga terjadi penurunan absorbansi pada kurva kalibrasi dengan nilai sensitivitas molar -371,9 dan koefisien korelasi (R2) sebesar 0,992. Pengukuran hipoklorit menggunakan Rhodamin B tanpa penambahan reagen KI dan buffer telah berhasil dilakukan dengan mereaksikan ion hipoklorit yang berasal dari asam hipoklorit (HOCl) terhadap Rhodamin B dengan membandingkan data dari uji F. Ion hipoklorit yang mengoksidasi Rhodamin B diukur sebagai selisih absorbansi yang diplotkan pada kurva kalibrasi dengan nilai absortivitas molar 0,002, koefisien korelasi (R2) sebesar 0,992, limit deteksi 0,949 μgmL-1 dan limit kuantitasi 2,875 μgmL-1. Pengaruh waktu reaksi menghasilkan grafik absorbansi yang menurun sebanding dengan konsentrasi hipoklorit sehingga sesuai dengan kinetika reaksi orde satu. Selain itu, hipoklorit dapat bereaksi lebih cepat pada pH asam daripada pH basa yang dibuktikan dari perubahan spesi hipoklorit menjadi HOCl.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKi 543.085 2 Fah m
Uncontrolled Keywords: pengukuran hipoklorit, spektrofotometri dan Rhodamin B, hypochlorite determination, spectrophotometric, Rhodamine B
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD63 Extraction
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Chemistry > 47201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 27 Mar 2018 07:48
Last Modified: 24 Aug 2018 02:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51645

Actions (login required)

View Item View Item