Rancang Bangun Pengontrol Keputihan Tepung Dengan Menggunakan Komponen Berbasis Fuzzy Logic

Sumantono, Trubus (2000) Rancang Bangun Pengontrol Keputihan Tepung Dengan Menggunakan Komponen Berbasis Fuzzy Logic. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2294100056-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
2294100056-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Sagu (Mertroxylon. sp) merupakan salah satu kekayaan alam botani lndonesia yang tersebar mulai bagian barat sampai timur. Salah satu penggunaan sagu adalah sebagai bahan pangan penghasil karbohidrat disamping itu sagu juga bisa dimanfaatkan untuk industri tekstil, farmasi , kosmetik, insektisida dan lain lain. Bahan pangan yang dihasilkan oleh sagu ( tepung sagu ) mempunyai wama kecoklat - coklatan yang kurang menarik dibanding dengan tepung terigu atau tepung beras yang berwama putih. Untuk memutihkan tepung sagu selama ini dengan mencampur secara manual dengan bahan pemutih.
Dalam tugas akhir ini dirancang dan dibangun suatu prototipe alat pengontrol tingkat keputihan tepung berbasis kontroler fuzzy (FLC) NLX220. Dengan kontrol fuzzy ini nilai yang diinginkan akan bisa dicapai dengan tepat.
Prinsip kerja alat ini adalah mengambil nilai yang diinginkan dan nilai pembacaan sensor sebagai masukan, kemudian membandingkan keduanya untuk memutuskan apakah dilakukan penambahan pemutih atau tidak.
Dengan alat ini diharapkan akan meningkatkan efisiensi waktu proses produksi dan akurasi tingkat keputihan yang dihasilkan lebih terjamin.
Dari basil pengujian, prototipe alat ini mampu mengontrol derajat putih dengan bahan dasar 66% sampai pada nilai jenuh 81 ,9%. Proses tiap kali penggambilan data diperlukan waktu 5 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 629.89 Sum r
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ213 Automatic control.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 02 Apr 2018 07:05
Last Modified: 02 Apr 2018 07:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51663

Actions (login required)

View Item View Item